Bagian I : Tata Cara Simulasi Pemilu Akses Bagi Pemilih Penyandang Disabilitas.

Simulasi Pemilu

Simulasi Pemilu

Tahap Persiapan Simulasi Pemilu Akses :

  • Mempersiapkan alat perlengkapan simulasi pemilu akses yang akan dipakai dalam simulasi diantaranya : Meja dan Bangku Petugas KPPS disesuaikan dengan kebutuhan, Kotak Suara, Surat Suara, Meja bilik suara, Tinta, Pulpen, Bantalan untuk mencoblos, Paku, Alat bantu coblos bagi tunanetra, Formulir pendampingan bagi tunanetra, papan tulis untuk mencatat penghitungan suara dan alat lain sesuai  kebutuhan.
  • Pilihlah lokasi   Simulasi   Pemilu   Akses  yang   lokasinya   Aksesibel   bagi   penyandang disabilitas, bila lokasi TPS berada dalam ruangan semisal  diruang sekolah, balai  desa, sebaiknya lebar  pintu masuk  dan  pintu keluar  ruangan tidak  kurang dari 90 cm, dan tidak  bertangga-tangga agar  tidak  menyulitkan pemilih  pengguna kursi roda  atau bila lokasi simulasi bertangga-tangga sediakanlah selasar  (ramp) bagi pengguna kursi roda.
  • Tersedia Alat Bantu Coblos Tunanetra, berguna sebagai alat bantu bagi  pemilih  tuna- netra untuk bisa  memilih   secara   langsung,  mandiri dan   menghindari manipulasi suaranya.
  • Tersedia Formulir Pendampingan Penyan-dang Disabilitas. Formulir ini akan  diisi dan ditandatangani oleh setiap orang yang mendampingi pemilih  Penyandang Disabilitas di TPS.
  • Tersedia Meja  Bilik Suara,  tingginya sekitar  75  cm  dari  permukaan lantai, mejanya berongga agar tidak menyulitkan  pemilih   pengguna kursi  roda   saat   melakukan pencoblosan di meja bilik suara.
  • Tersedia meja kotak suara, tingginya sekitar 35 cm dari permukaan lantai, tujuan agar pemilih pengguna kursi roda tidak kesulitan untuk memasukkan surat suara  ke dalam kotak  suara.
  • Bagi pemilih tunarungu sebaiknya petugas KPPS memberikan penjelasan dan informasi dengan cara berbicara secara perlahan-lahan/tidak cepat, pada saat  berbicara hadap- lah ke arah  pemilih  tunarungu, atau dengan cara  menulis dikertas tentang hal yang ingin diinformasikan, agar  mereka dapat membacanya.
  • Memilih dan menentukan beberapa orang yang  akan  bertindak selaku  petugas KPPS dalam simulasi  berikut pembagian tugasnya. Petugas KPPS bisa  dari  penyandang disabilitas atau non  disabilitas.

 

Sumber by : KPU Republik Indonesia

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Kontras
Perbesar Hurup