DPT Pilkada 2017 Bisa Dilihat Lewat Smartphone

DPT PILKADA BISA DILIHAT MELALUI SMARTPHONE

Anggota KPU RI, Ferry Kurnia Rizkiyansyah dan Hadar Nafis Gumay membuka SITaP 2017 lewat tablet untuk mencocokkan jumlah DPT Pilgub DKI Jakarta 2017 yang ditempel di papan pengumuman Kelurahan Setia Budi, Jakarta Selatan, Jumat (23/12)

Jakarta, kpu.go.id – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, untuk memastikan bahwa warga yang memiliki hak pilih telah terdaftar dalam DPT Pilkada Serentak 2017, yang bersangkutan dapat melihatnya melaluismartphone atau gadget, Jumat (23/12).
 
Teman-temanbisa mengakses ini lewat smartphone, tablet atau internet. Di sini bisa diakses DPT (Daftar Pemilih Tetap) pilkada serentak, jadi silahkan melalui pilkada2017.kpu.go.id, ini memudahkan kita untuk mengecek nama, dan TPS (Tempat Pemungutan Suara) nya di mana,” kata Ferry.
 
Hal tersebut dikatakannya saat mengunjungi Kelurahan Setia Budi, Jakarta Selatan, dan Kelurahan Cikini, Jakarta Pusat bersama Anggota KPU RI lainnya, Hadar Nafis Gumay guna memastikan bahwa DPT Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 telah terpasang dan diumumkan oleh masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS).
 
Hadar menambahkan, fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan bagi warga yang tidak sempat mengunjungi kelurahan terdekat untuk mengecek DPT di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS).
 
“Tentu ini tidak semua orang akan bisa selalu datang ke kelurahan, karena mungkin rumahnya agak jauh, atau tidak ada waktu. Kami sudah menyediakan di dalam websiteportal KPU. Jadi silahkan memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), atau nama, nanti akan kelihatan,” kata Hadar.
 
Dari hasil kunjungannya tersebut, Ferry mengatakan bahwa DPT yang diumumkan di masing-masing sekretariat PPS sudah cocok dengan apa yang tercantum dalam Sistem Informasi Tahapan Pilkada (SITaP) 2017.
 
“Tadi kita juga kroscek, jadi yang di TPS di sini, yang ditempel dengan yang ada di kita (SITaP 2017) itu sudah sesuai. Jadi teman-teman di lapangan sudah memasukkan data-data yang optimal di tiap TPS,” tambah Ferry.
 
Jika terdapat warga yang belum terdaftar dalam DPT tetapi sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat, Ferry mengatakan yang bersangkutan tetap memiliki hak pilih.
 
“Tidak usah khawatir, kalau masyarakat itu punya KTP elektronik atau surat keterangan dari Disdukcapil setempat, maka dia berhak menjadi pemilih. Dan itu didaftarkan langsung pada hari pemungutan suara kepada petugas KPPS di TPS-TPS yang ada sesuai dengan lokasi dimana dia tinggal. Dan nanti proses pemberian suaranya dilakukan pada pukul 12 hingga pukul 1 (13.00),” papar dia.
 
Untuk warga yang memiliki hak pilih dalam Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2017, namun belum memiliki KTP elektronik atau surat keterangan dari Disdukcapil, Hadar menjelaskan yang bersangkutan harus berkoordinasi dengan Disdukcapil dimana dia berdomisili.
 
Karena proses perekaman data kependudukan membutuhkan waktu, Hadar berharap warga yang belum memiliki KTP elekronik atau surat keterangan dapat segera mengurus persyaratan tersebut secara proaktif.
 
“Jadi jangan tunda-tunda, kalau hari H tentu tidak bisa, karena prosesnya memakan waktu untuk memproses warga yang belum memiliki data sama sekali. Oleh karena itu baiknya dilakukan sesegera mungkin, jangan menunggu, kan masih ada waktu kurang lebih satu setengah bulan menuju 15 Februari 2017,” terang Hadar. (rap/red. FOTO KPU/dosen/Hupmas)
Sumber: KPU RI
Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Kontras
Perbesar Hurup