Hari Ini Hingga 4 Maret, KPU Madina Evaluasi Kinerja PPK dan PPS

Ketua KPU Madina, Agus Salam (kedua kana) didampingi Sekretaris KPU Madina, Sayur Nasution (kanan) saat pelaksanaan evaluasi dan penilaian kinerja PPK yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Kotanopan, Jumat (2/3).

 

KPUMadina – Panyabungan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal melakukan evaluasi dalam rangka penilaian kinerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara se-Kabupaten Mandailing Natal untuk Pemilihan Umum (Tahun) 2019. Evaluasi di gelar hari ini  Jumat, (2/3) hingga 4 Maret 2018 mendatang.

Ketua KPU Mandailing Natal, Agus Salam, menyebut, evaluasi dilaksanakan berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 tahun 2018 tentang Pembentukan dan Tata Kerja PPK, PPS, dan KPPS pada Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Keputusan KPU Nomor: 31/PP.05-Kpt/03/KPU/I/2018 tentang Petunjuk Teknis Pembentukan PPK, PPS, dan KPPS dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Disebutkannya, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, bahwa pembentukan PPK dan PPS berakhir tanggal 8 Maret 2018.

“Pembentukan PPK dan PPS pada Pemilu tahun 2019 berpedoman kepada PKPU Nomor 3 Tahun 2018, dimana pada Pasal 7 menyebutkan bahwa Anggota PPK berjumlah 3 (tiga) orang dan Pasal 37 menyebutkan bahwa Anggota PPK dan PPS pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota dapat diangkat sebagai Anggota PPK dan PPS selama masih memenuhi syarat,” ujar Agus Salam, Jumat, (2/3).

Sesuai jadwal, hari ini atau tepatnya tanggal 2 Maret 2018, dilakukan evaluasi dan penilaian kinerja PPK untuk Pemilu tahun 2019 yang meliputi Kecamatan Siabu, Bukit Malintang, Nagajuang, Panyabungan Utara, Hutabargot, dan Panyabungan Timur yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Panyabungan Utara. Kecamatan Panyabungan, Panyabungan Barat, Panyabungan Selatan, Puncak Sorik Marapi, dan Lembah Sorik Marapi bertempat  di Aula Kantor Kecamatan Panyabungan Selatan.

Selanjutnya, Kecamatan Kotanopan, Tambangan, Ulupungkut, Muarasipongi, dan Pakantan bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kotanopan. Kecamatan Batang Natal, Lingga Bayu, dan Ranto Baek bertempat di Aula Kantor Kecamatan Lingga Bayu. Kecamatan Natal, Batahan, Muara Batang Gadis dan Sinunukan bertempat di Aula Kantor Kecamatan Natal.

Adapun tanggal 3 sampai 4 Maret 2018 akan dilakukan evaluasi dan penilaian kinerja PPS se-Kabupaten Mandailing Natal untuk Pemilihan Umum Tahun 2019.

Agus Salam menerangkan, proses evaluasi dan teknis penilaian kinerja tersebut dilakukan oleh masing-masing anggota PPK dan Sekretaris PPK ditambah satu orang Anggota KPU Mandailing Natal. “Jadi, setiap satu orang Anggota PPK, ada 6 (enam) orang yang melakukan penilaian kinerjanya, yaitu 4 orang anggota PPK, 1 orang dari Sekretariat PPK dan 1 orang dari Anggota KPU Mandailing Natal,” terang Agus Salam.

Ada 12 indikator penilaian, yaitu; 1). Anggota PPK/PPS aktif dalam berpendapat di rapat, 2). Anggota PPK/PPS dapat menerima perbedaan pendapat di rapat, 3). Anggota PPK/PPS melaksanakan keputusan rapat yang telah disepakati, 4). Anggota PPK/PPS dapat mengelola konflik internal secara baik, 5). Anggota PPK/PPS dapat mengelola konflik eksternal secara baik, 6). Anggota PPK/PPS memiliki hubungan kerja yang baik dengan sesama kolega, 7).  Anggota PPK/PPS memiliki hubungan kerja yang baik dengan Sekretariat, 8).  Anggota PPK/PPS memperlakukan peserta Pemilu dengan sama rata, 9). Anggota PPK/PPS tidak memiliki kecenderungan memihak kepada salah satu peserta Pemilu, 10). Anggota PPK/PPS selalu hadir di rapat, 11). Anggota PPK/PPS tidak dapat bekerja sama dengan baik, dan 12). Anggota PPK/PPS tidak dapat melaksanakan keputusan rapat yang telah disepakati.

“Selanjutnya tiga orang yang memiliki nilai rata-rata tertinggi berdasarkan penilaian kinerja akan ditetapkan sebagai Anggota PPK terpilih untuk Pemilu 2019 mendatang,” tutup Agus Salam. (PPID/KPU Madina).

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Kontras
Perbesar Hurup