JELANG PEMILU 2019, KPU MADINA LAKSANAKAN SIMULASI PUTUNGSURA KEPADA MASYARAKAT.

Panyabungan-KPU Madina (06/04/2019)

Jelang Pemilu 2019, KPU Kabupaten Mandailing Natal laksanakan Simulasi proses Pemungutan dan Penghitungan Suara (PUTUNGSURA) kepada Masyarakatyang berlangsung di Jl. Abri kawasan Lapangan Samping Kantor Bank Sumut Kelurahan Panyabungan II-Panyabungan, Sabtu (06/04/2019).

JELANG PEMILU 2019, KPU MADINA LAKSANAKAN SIMULASI PUTUNGSURA KEPADA MASYARAKAT.

Dalam acara tersebut hadir Ketua KPU Kabupaten Mandailing Natal (Fadhillah Syarief) Anggota KPU Kabupaten Mandailing Natal (Ahmad Faisal), (Muhammad Ikhsan), (Muhammad Husein Lubis), Kaban Kesbangpol Kabupaten Mandailing Natal (Muhammad Amin Nasution), Wakapolres Kabupaten Mandailing Natal (Kompol Drs Tengku Bosar Pane) beserta jajaran, Kapolsek Panyabungan, Perwakilan Dandim 0212/TS, PPK, PPS, Relasi dan Ketua KPPS  se-Kecamatan Panyabungan.

JELANG PEMILU 2019, KPU MADINA LAKSANAKAN SIMULASI PUTUNGSURA KEPADA MASYARAKAT.

Kata sambutan oleh Wakapolres Kabupaten Mandailing Natal (Kompol Drs Tengku Bosar Pane) dan dilanjutkan Kaban Kesbangpol (Muhammad Amin Nasution) serta Kata sambutan sekaligus pembukaan oleh Ketua KPU Kabupaten Mandailing Natal (Fadhillah Syarief).

Wakapolres Kabupaten Mandailing Natal (Kompol Drs Tengku Bosar Pane)

Simulasi dimulai pukul 07.00 Wib dengan melakukan pengecekan logistik kemudian dilanjutkan pengucapan sumpah dan janji oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang anggotanya terdiri dari KPPS terpilih dari Desa yang berada di Kecamatan Panyabungan tersebut, (Muhammad Ikhsan) selaku Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Mandailing Natal terus memantau kegiatan tersebut hingga selesai. dia menyebut, kegiatan Simulasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada masyarakat Mandailing Natal terkait tata cara pencoblosan yang benar dan sekaligus memberikan bimbingan teknis tata cara pengisian Formulir Model C-KPU dan C1-KPU ke pada seluruh KPPS.

Kaban Kesbangpol (Muhammad Amin Nasution)

Ketua KPU Kabupaten Mandailing Natal (Fadhillah Syarief) dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa di Pemilu 17 April ini pemilih di bagi menjadi 3 kategori, dan  berikan 5 jenis surat suara, yaitu : surat suara Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Kata sambutan sekaligus pembukaan oleh Ketua KPU Kabupaten Mandailing Natal (Fadhillah Syarief).

“di Pemilu 17 April ini ada 3 jenis pemilih, yaitu, Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Pindahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK), bagi masyarakat yang memenuhi syarat akan mendapatkan 5 jenis surat suara tersebut, tetapi bagi pemilih kategori (DPTb) kemungkinan bisa tetap dapat 5 surat suara atau bahkan bisa hanya 1 surat suara, tergantung dia pindah dari mana ke mana, jika perpindahannya antar Kecamatan di Mandailing Natal tetapi beda Dapil, misalnya pemilih dari Kecamatan Siabu ingin pindah memilih ke Kecamatan Panyabungan Selatan, otomatis surat suara DPRD Kabupaten Mandailing Natal tidak dapat di berikan lagi, karna Kecamatan Siabu berada di Dapil 5 sedangkan Panyabungan Selatan berada di Dapil 3 , terang (Fadhillah Syarief).

pengucapan Sumpah oleh KPPS sebelum Pemungutan dan Penghitungan Suara dimulai.

Pukul 12.00 Wib Ketua KPPS memberitahukan kepada pemilih kategori DPTb dan DPK untuk segera menentukan hak pilihnya di TPS, karna waktu pemilih kategori DPTb dan DPK menggunakan hak pilihnya pada pukul 12.00 Wib s.d 13.00 Wib, selanjutnya Pukul 13.00 Wib Ketua KPPS mengumumkan bahwa TPS sudah di tutup dan KPPS langsung menghitung surat suara yang di gunakan dan surat suara sisa/keliru coblos serta sisa surat suara dalam Formulir Model C-Plano dan C1-Plano.

KPPS I, KPPS II dan KPPS III.
KPPS IV dan KPPS V
KPPS VI
KPPS VII
proses pencoblosan di bilik suara oleh pemilih
setelah surat suara di coblos di bilik suara, selanjutnya surat suara tersebut di masukkan ke dalam Kotak suara sesuai jenis surat suara.
(Muhammad Ikhsan) selaku Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Mandailing Natal.
proses rekapitulasi surat suara sah/surat suara keliru coblos/surat suara sisa dalam C-Plano
ketua KPPS membuka dan mengeluarkan surat suara yang sudah di coblos untuk selanjutnya di hitung dalam formulir C dan C-1 Plano.
saksi dari masing-masing partai politik menandatangani Formulir C dan C-1 Plano.
Pemungutan dan Penghitungan Suara selesai dilaksanakan, dan di rekap dalam formulir model C dan C1.


Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.