KPU hanya Wajib Umumkan Daftar Pemilih

Anggota KPU Provinsi Sumatera Utara Divisi Sosialisasi, Data dan Informasi, Yulhasni (tiga dari kiri) saat menyampaikan arahan  pada acara Launching Sort Message Service (SMS) Center Data Pemilih sekaligus Sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina Tahun 2015 yang diselenggarakan di Aula KPU MadinaAnggota KPU Provinsi Sumatera Utara Divisi Sosialisasi, Data dan Informasi, Yulhasni (tiga dari kiri) saat menyampaikan arahan  pada acara Launching Sort Message Service (SMS) Center Data Pemilih sekaligus Sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina Tahun 2015 yang diselenggarakan di Aula KPU Madina, Sabtu, (12/9). (Foto.dok /along/KPU Madina).

KPUMadina-Panyabungan

Anggota KPU Provinsi Sumatera Utara Divisi Sosialisasi, Data dan Informasi, Yulhasni, menyampaikan, KPU berkewajiban untuk mengumumkan Daftar Pemilih. Terkait SMS Center, Yulhasni menjelaskan hanya merupakan media atau alat bantu bagi masyarakat yang dapat digunakan untuk mengecek apakah nama atau identitas keluarga si pemilih tidak terdaftar dalam daftar pemilih.

“Menurut peraturan Perundang-undangan, KPU hanya berkewajiban untuk mengumumkan daftar pemilih, sedangkan SMS Center ini merupakan salah satu sarana untuk membantu masyarakat dalam mengecek dan memastikan namanya terdaftar atau belum,” Ujarnya.

Yulhasni juga menjelaskan, kurangnya partisipasi masyarakat dalam memilih biasanya karena dua hal, pertama, kurang peduli terhadap penyelenggaraan Pillkada, dan kedua, karena namanya tidak terdaftar. Dalam hal ini, KPU akan berupaya untuk mengakomodir masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Salah satunya dengan menggunakan SMS Center.

Yulhasni berpesan agar Pers turut berpartisipasi dalam mensosialisasikan pemilihan ini melalui media baik cetak maupun elektronik. Sehingga dalam penylenggaraan Pemilihan nantinya masyarakat betul-betul merasa bangga bahwa dirinya turut serta berpartisipasi dalam menusukseskan Pilkada, dan tentu juga harus ada pengawasan dari Panwaslih.

Sementara itu, Ketua KPUMadina, Agus Salam, menyampaikan, dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina Tahun 2015 ini, partisipasi dari insan pers turut ambil bagian dalam kesuksesan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). “Peran pers cukup strategis dalam menyukseskan Pilkada di Madina, terutama dalam memotivasi warga masyarakat agar menggunakan haknya dalam memilih,” ujar Agus Salam

Ditambahkannya, pada Pilkada serentak yang secara nasional akan digelar pada 9 Desember ini tingkat partisipasi pemilih hendaknya semakin meningkat. Dan meningkatnya partisipasi pemilih itu bisa ditandai dengan insan pers dalam pemberian sosialisasi yang menyejukkan suasana kepada masyarakat, sehingga Pilkada di Madina kondusif dan tetap terjaga dengan baik.

Hal ini disampaikan saat KPU Madina adakan Launching Sort Message Service (SMS) Center Data Pemilih sekaligus Sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina Tahun 2015 yang diselenggarakan di Aula KPU Madina, Sabtu, (12/9).

Acara itu dihadiri Anggota KPU Provinsi Sumatera Utara Divisi Sosialisasi, Data dan Informasi, Yulhasni, Ketua dan Anggota KPU Madina, Sekretaris KPU Madina, Mawardi, Ketua dan Anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Madina, Tim Penghubung Pasangan Calon, dan juga wartawan baik cetak maupun elektronik. (along/jw/KPU Madina).

===@

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontras
Perbesar Hurup