KPU Madina Adakan Bimtek bagi PPS

Jpeg

Para peserta sedang mengikuti Bimtek Panitia Pemungutan Suara (PPS), di Aula Mitra Tani Sari Panyabungan, Sabtu, (13/6). (Foto dok. KPU Madina)

KPUMadina-Panyabungan

Sebagai tindak lanjut Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang telah selesai diadakan pada Jumat, (12/6) kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal (Madina) dan PPK kembali menyelenggarakan Bimtek bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayah kerja masing-masing yang dimulai hari ini, Sabtu (13/6).

Dikonfirmasi via seluler, ketua PPK Kecamatan Panyabungan, Abdul Majid Nasution menyebutkan bahwa Bimtek ini adalah rangkaian Bimtek PPK yang telah diselenggarakan oleh KPU Madina kemarin. Dan kami sebagai PPK mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan materi yang telah kami dapatkan sewaktu Bimtek PPK kepada PPS yang sedang mengikuti Bimtek dan akan bekerja di desanya masing-masing, agar tercipta pemahaman yang sinkron dan tidak terjadi kesalahpahaman antara PPK dan PPS sehingga terjalin kerjsama yang baik.

“Ini adalah momentum Pilkada yang akan diselengarakan secara serentak di tahun ini, dan tentu saja ini berbeda dengan Pilkada sebelumnya. Untuk itu kerjsama sesama penyelenggara terutama kami sebagai PPK  perlu memberikan  Bimtek yang sama kepada PPS sehingga dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal yang akan digelar Desember mendatang mempunyai pegangan yang sama di bawah Undang-undang dan Peraturan-peraturan yang sama juga, dan tentu saja kami sebagai PPK dan PPS tetap memperhatikan pengarahan dari KPU Madina.” Ujar Abdul Majid.

Bimtek PPS di Kecamatan Panyabungan tersebut dihadiri oleh Anggota KPU Madina, Koordinator Divisi Sosialisasi, Data, dan Informasi, Mas Khairani S.S, dalam materinya dia menyampaikan tentang Gambaran Umum mengenai Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina tahun 2015. Dan dia juga berpesan kepada para PPS agar menjalan tugas dan wewenangnya sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan terkait pemliu.

Pada waktu bersamaan, Di kecamatan Hutabargot Bimtek juga dihadiri oleh Anggota KPU Madina koordinator Divisi teknis Penyelenggara, Akhir Mada, S.Pd.I dan didampingi seluruh PPK kecamatan Hutabargot. Dalam dalam kesempatan itu Akhir Mada berpesan, agar PPK dan PPS memahami dan menjalankan amanah Undang-undang dan Peraturan-peraturan yang berkenaan dengan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina Tahun 2015 ini, terutama tentang tahapan dan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan.

“Kita sebagai penyelenggara Pemilu bukan hanya sebagai teknis pelaksana saja. Tetapi kita merupakan mata rantai informasi bagi masyarakat tentang kepemiluan. Untuk itu kita selaku penyelenggara harus memberikan akses bagi masyarakat yang membutuhkan informasi terkait Pemilu. Saya juga mengharapkan kerjasama yang baik antara sekretariat PPK dan PPS yang ada di kecamatan Hutabargot.” Ujar Akhir.

Sementara itu, Anggota KPU Madina Divisi Anggaran, Logistik, dan Sumber Daya Manusia (SDM), Asrizal Lubis, S.Th.I yang juga mengadakan Bimtek di kecamatan Panyabungan Utara menyampaikan bahwa Bimtek yang diselenggarakan bagi PPS ini dipandang perlu agar PPS lebih memahami tugas-tugas di wilayah kerjanya masing-masing.

“PPS sebagai penyelenggara di tingkat desa, selain memahami tugas-tugasnya, kami juga menyampaikan hal-hal lain yang berkaitan dengan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina tahun 2015. Di samping itu, PPs juga harus memahami tugas-tugas jajaran yang dibawahinya.” Ucap Asrizal.

Sebagaimana diketahui bahwa Bimtek bagi PPS ini diselenggarakan selama 5 (lima) hari yang dimulai pada hari ini, Sabtu, (13/6) dan akan berakhir pada rabu, (17/6) mandatang. Tentu kita semua berharap bahwa dengan adanya Bimtek ini, baik bagi PPK maupun PPS akan diciptakan penyelenggara-penyelenggara yang berkualitas demi terciptanya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina tahun 2015 yang lebih berintegritas. Semoga..! (along/jw/KPU Madina)

===@

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Kontras
Perbesar Hurup