KPU Madina Gelar Bimtek Internal SIPOL

Operator SIPOL KPU Madina, Beny Aswin (berdiri) saat menyampaikan materi SIPOL di Aula KPU Madina, Rabu (31/5).

Operator SIPOL KPU Madina, Beny Aswin (berdiri) saat menyampaikan materi SIPOL di Aula KPU Madina, Rabu (31/5).

KPU Madina – Panyabungan

Komisi Pemilihan Umum Mandailing Natal (KPU Madina) menggelar bimbingan teknis (bimtek) internal tentang sistem informasi partai politik (SIPOL) yang berlangsung di Aula KPU Madina, Rabu (31/5). Bimtek terhadap seluruh pegawai KPU Madina ini merupakan tindak lanjut dari Bimtek yang dilaksanakan KPU Porvinsi Sumatera Utara pekan lalu.

Berdasarkan Bimtek tersebut, KPU Madina kemudian menindaklanjutinya dengan membuat standar operasional prosedur (SOP) dan telah membentuk Tim Helpdesk SIPOL untuk melayani partai politik yang akan diverifikasi jelang Pemilu 2019 nanti.

Menurut Anggota KPU Madina Divisi Hukum dan Pengawasan, Fadhillah Syarief, yang hadir pada Bimtek itu, aplikasi SIPOL harus dikuasai oleh Tim Helpdesk yang telah dibentuk dengan SK KPU Madina. “Namun demikian semua pegawai KPU Madina yang tidak masuk dalam tim helpsdek tersebut juga diharapkan menguasai SIPOL ini. Untuk itulah, Bimtek ini melibatkan seluruh pegawai yang ada di KPU Madina. Jadi, bukan Tim Helpdesk saja,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota KPU Madina Divisi SDM dan Parmas, Akhir Mada, yang turut hadir menilai aplikasi SIPOL ini tentunya dapat memudahkan KPU dalam memverifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2019 mendatang. Karena, aplikasi yang diakses melalui portal KPU ini memuat dua menu utama yakni data pengurus parpol dan anggota parpol.

“Dari sini KPU dapat mengecek dan menverifikasi apakah data kepengurusan dan keanggotan parpol sudah terpenuhi atau belum. Atau data keanggotan yang ganda atau keanggotaan yang telah terdaftar pada partai lain. Dari SIPOL ini dapat dideteksi,“ papar Akhir Mada

Sebagaimana dilansir KPU Madina, ada sekitar 74 partai politik yang sudah terdaftar dan memiliki badan hukum. Dari 74 partai politik itu, semua proses pendaftaran dan verifikasi akan berlangsung melalui SIPOL.

Operator SIPOL KPU Madina, Beny Aswin menyebut, saat ini SIPOL belum dibuka secara penuh. Bisa dikatakan, aplikasi SIPOL yang digunakan saat ini adalah aplikasi SIPOL tahap uji coba. Namun demikian, KPU Madina melakukan bimtek internal terlebih dahulu agar dapat dipahami lebih awal meskipun akan ada Bimtel SIPOL selanjutnya. (Admin KPU Madina).

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontras
Perbesar Hurup