KPU Madina Koordinasi Kesiapan Pemilu Dengan Muspida Madina

KPUMadina-Panyabungan
Menjelang Pemilu yang tidak sampai satu minggu lagi, Komisi Pemilihan Umum Mandailingnatal (KPU Madina) dan jajarannya telah melakukan pemetaan potensi rawan terkait dengan kesiapan pelaksanaan Pemilu. Potensi rawan tersebut dikoordinasikan kepada pemerintah kabupaten (pemkab) Madina pada Kamis (3/4), di Aula Kantor Bupati Madina.

Dalam rapat koordinasi dengan Muspida serta camat se-Madina yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Madina, M. Yusuf Nasution, Ketua KPU Madina, Agussalam Nasution, menyampaikan informasi terkait kesiapan menjelang Pemilu. Dari sisi pemilih, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Madina sebanyak 297.171 pemilih. Sedangkan daftar pemilih khusus (DPK) Madina yang telah ditetapkan KPU Propinsi Sumatera Utara pada awal April ini sebanyak 6.728 pemilih. “Daftar pemilih khusus merupakan upaya KPU untuk menyisiri pemilih yang belum terdata tidak masuk dalam DPT,” kata Agus.

Untuk menyalurkan aspirasi politik pemilih, KPU menyediakan 962 unit tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 404 desa/kelurahan dalam 23 kecamatan di Madina. Jumlah personil penyelenggara mulai dari tingkat KPU Madina dan sekretariat hingga anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) sebanyak 9.132 orang. “KPU Madina telah rampung melakukan bimbingan teknis penyelenggaraan Pemilu terhadap personil-personil hingga tingkat KPPS,” ungkapnya.

Sementara itu, dari sisi jumlah daerah pemilihan (Dapil) tingkat kabupaten Madina sebanyak lima zona. Masing-masing Dapil meliputi kecamatan Panyabungan, Panyabungan Timur, serta Panyabungan Barat (Dapil I) dengan alokasi 10 kursi; Kotanopan, Tambangan, Ulupungkut, Muarasipongi, Puncak Sorik Merapi, dan Pakantan (Dapil II) memperebutkan 6 kursi; Panyabungan Selatan, Lembah Sorik Merapi, Batangnatal, Linggabayu, Rantobaek (Dapil III) memperebutkan 8 kursi; Batahan, Natal, Muara Batang Gadis, dan Sinunukan (Dapil IV) menyediakan 7 kursi; Panyabungan Utara, Bukit Malintang, Siabu, Naga Juang, dan Hutabargot (Dapil V) dengan alokasi sebanyak 9 kursi. Selain itu, Madina termasuk Dapil Sumut VII untuk DPRD propinsi dan Dapil II Sumut untuk DPR RI.

Terkait dengan logistik Pemilu, sejak Jumat (4/4) KPU mulai menyebar logistik ke berbagai kecamatan. Dimulai dari wilayah pantai barat beserta kecamatan yang dilalui dan dilanjutkan ke Dapil 2 plus Lembah Sorik Merapi pada 5/4. Untuk panyabungan Timur dan Panyabungan Barat ditambah Dapil 5, pemberangkatan logistik dilaksanakan Minggu (6/4). Sedangkan Kecamatan Panyabungan pada Senin (7/4).

KPU Madina menargetkan partisipasi pemilih di Madina minimal 78%. Untuk itu, paparnya lagi, berbagai langkah dan upaya dilakukan agar masyarakat mengetahui tentang Pemilu dan mau datang ke TPS pada 9 April mendatang. (Div SDI)

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontras
Perbesar Hurup