This page was exported from KPUD MADINA [ http://kpud-madinakab.go.id ]
Export date: Wed May 23 9:19:09 2018 / +0000 GMT

KPU Madina Lakukan Verifikasi ke Kantor DPD Partai Nasdem




Ketua KPU Madina (kiri-berdiri) mendampingi petugas verifikator, Beny Aswin (tengah) saat memverifikakasi Partai Nasdem, Selasa (30/1).



 

KPU Madina – Panyabungan 

Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor: 53/PUU-XV/2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal melakukan verifikasi faktual ke Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Mandailing Natal yang beralamat di Kelurahan Sipolu-Polu-Panyabungan, Selasa (30/1).


Ketua KPU Mandailing Natal, Agus Salam yang mendampingi Tim Verifikator KPU Mandailing Natal tiba di Kantor DPD Partai Nasdem Kabupaten Mandailing Natal pada pukul 16.10 WIB.


Agus Salam menyampaikan, kedatangannya  bersama Tim Verifikator KPU Mandailing Natal adalah dalam rangka untuk melakukan verifikasi faktual terhadap Partai Politik calon Peserta Pemilu tahun 2019 pasca Putusan Mahkamah Konstitusi. “ Jadi, pasca Putusan MK, baik Parpol baru maupun Parpol lama akan dikaukan dilakukan verifikasi faktul,” terang Agus Salam.


Ditambahkannya, adapun hal yang diverifikasi adalah Domisili Kantor, Kepengurusan (Ketua, Sekretaris, Bendahara), Keterwakilan 30% perempuan dalam Kepengurusan, dan Keanggotaan.


“Terkait dengan Keanggotaan, KPU Madina memverfikasi sejumlah 5% atau 36 orang anggota dari 716 orang anggota yang terdaftar dalam Sipol. Penentuan 5% sampel ini berdasarkan Pasal 33 ayat (1) huruf b Peraturan KPU No. 6 Tahun 2018 tantang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD,” tutup Agus.


Sesuai jadwal (30 Januari s/d 1 Fabruari 2018), KPU Mandailing Natal akan memverifikasi 15 Parpol yang ada di Mandailing Natal. “Untuk tanggal 30 Januari 2018, KPU Madina memverifikasi 5 Parpol, yakni Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).


Untuk tanggal 31 Januari 2018, KPU Mandailing Natal juga akan memverifikasi 5 Parpol, yakni Partai keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan), Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), dan Partai Bulan Bintang (PBB).


Sedangkan hari terakhir, yakni tanggal 1 Februari 2018, KPU Mandailing Natal juga memverifikasi 5 Parpol, yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Berkarya, dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda). (PPID/KPU Madina).