KPU MADINA RAIH PRESTASI TINGKAT NASIONAL

10417719_10201997341853824_571642807150695191_n
KPU Propinsi dan KPU Kabupaten/Kota terbaik dalam kategori Transparansi Informasi pemilu foto bersama dengan tim penilai. (dari kiri ke kanan: Direktur Eksekutif Perludem Titi Angraini, Ketua KPU propinsi Sumatera Utara Mulia Banurea, Ketua KPU Propinsi Kalimantan Barat Umi Rifdiyawaty, Ketua KPu Propinsi Bali Raka Sandhi, Ketua KPU Kabupaten Mandailing Natal Agus Salam Nasution, Ketua KPU Kota Bogor Undang Suriatna, Ketua KPU Kota Denpasar Gede John Darmawan dan Anggota KPU RI Ferry Kurnia Rizkiansyah).

Panyabungan (kpud-madinakab.go.id). Setelah sebelumnya Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mandailing Natal (KPU Madina) berhasil meraih penghargaan sebagai KPU Kabupaten/Kota terbaik dalam kategori Transparansi Informasi Pemilu tingkat Propinsi Sumatera Utara, kini KPU Madina berhasil menorehkan prestasi ditingkat nasional sebagai nominator KPU terbaik dalam kategori Transparansi Informasi Pemilu bersama-sama dengan KPU Kota Bogor dan KPU Kota Denpasar. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Agus Salam nasution selaku Ketua KPU Madina saat digelarnya acara Rapat Koordinasi Nasional Evaluasi Pemilu 2014 dan Pemberian Penghargaan Bagi KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota Berprestasi yang dilaksanakan di Hall Convention Ecopark Ancol, Rabu (17/12). Sebagaimana diketahui bahwa pemberian penghargaan oleh KPU RI tersebut terbagi dalam enam kategori yakni Kreasi Sosialisasi dan Partisipasi Pemilu, Kategori Pemilu Akses, Kategori Penyelenggaraan Pemilu Berkualitas, Kategori Iklan Layanan Masyarakat, Kategori Daftar Pemilih Berkualitas, dan Kategori Transformasi Informasi Pemilu.
Dalam Acara pemberian penghargaan tersebut, Tim Penilai yang terdiri dari Endang Sulastri (mantan Anggota KPU RI), Titi Anggraini (Direktur Eksekutif Perludem), Sigit Pamungkas (Komisioner KPU), Fery Kurnia Rizkiyansyah ( Komisioner KPU), Arief Budiman (Komisioner KPU), Heppy Sebayang (Manajer Program Pusat Pemilihan Umum Penyandang Cacat), Siti Zuhro (peneliti politik LIPI), M Afiffudin (Koordinator Nasional JPPR), dan Harun Husein (jurnalis senior Harian Republika), membacakan nominasi dan pemenang KPU Propinsi dan KPU Kabupaten/Kota terbaik dalam setiap kategori penghargaan. Berdasarkan Pengumuman Tim Penilai, diketahuilah pemenangnya dalam setiap kategori sebagai berikut: ‘Kreasi Sosialisasi dan Partisipasi Pemilu’ diberikan kepada KPU Provinsi Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, NTB, KPU Kota Semarang, Kabupaten Sleman, dan Kota Pare-Pare. Kategori ‘Pemilu Akses’ diberikan kepada KPU Provinsi DIY, Sulawesi selatan, Jawa Barat, KPU Kota Yogyakarta, Kabupaten Toba Samosir, dan Kota Pare-Pare. Untuk kategori ‘Penyelenggaraan Pemilu Berkualitas’ KPU memberikan penghargaan kepada KPU Provinsi Kalimantan Barat, NTB, Bengkulu, KPU Kota Kotamobagu, KPU Kabupaten Majene dan Indragiri Hulu. sedangkan Untuk kategori “Iklan Layanan Masyarakat” penghargaan diberikan kepada KPU Provinsi Bengkulu, DIY, Gorontalo, KPU Kota Bireun, Kabupaten Gorontalo, dan Sukamara. Adapun kategori ‘Daftar Pemilih Berkualitas’ penghargaan diberikan kepada KPU Gorontalo, Bali, Sulawesi Tenggara, KPU Kabupaten Jembaran, Sambas, dan Pandeglang. Sementara untuk kategori “Transformasi Informasi Pemilu” penghargaan diberikan kepada KPU Bali, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, KPU Kota Bogor, Kota Denpasar, dan Kabupaten Mandailing Natal.
Selain KPU Propinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan, KPU RI juga memberikan penghargaan kepada 157 orang penyelenggara pemilu yang meninggal pada saat pelaksanaan Pemilu 2014, yang mana 157 orang penyelenggara tersebut ada yang bertugas di tingkat KPPS, PPS, PPK, KPU Kabupaten/Kota hingga Staf KPU Propinsi. Sebagaimana diketahui, bahwa akibat beban tugas yang sedemikian berat saat Pemilu banyak diantara penyelenggara Pemilu yang kelelahan, sakit, hingga berujung kepada kehilangan nyawa. Dalam kesempatan pemberian penghargaan tersebut Ketua KPU RI Husni Kamil Manik mengungkapkan “Mereka yang menutup usia saat bertugas layak disebut sebagai pejuang demokrasi, beban kerja yang mereka tanggung tidak sebanding dengan honor yang didapatkan”. Pada acara yang digelar di Hall Convention Ecopark Ancol itu, Husni membacakan 157 nama pejuang demokrasi tersebut. Secara simbolis piagam penghargaan diberikan kepada KPU kabupaten/kota dan provinsi yang menaungi 157 penyelenggara tersebut saat bertugas.

MITRA STRATEGIS DAN MITRA KERJA KPU JUGA MENDAPAT PENGHARGAAN
selain para penyelenggara pemilu berprestasi dan gugur saat menjalankan tugas, KPU RI juga memberikan penghargaan kepada para mitra strategis pemilu dan mitra kerja KPU, adapun mitra strategis Pemilu yang mendapatkan penghargaan antara lain Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Kementerian Agama Kabupaten Majene, Radio Republik Indonesia (RRI), Ramlan Surbakti, dan advokat Adnan Buyung Nasution dan beberapa individu lainnya yang dinilai berjasa menggalakkan demokrasi di Indonesia. Adapun Mitra Kerja KPU yang diberikan penghargaan antara lain adalah Komisi II DPR, Kementerian Dalam Negeri, Badan Pengawas Pemilu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Kepolisian Republik Indonesia, Tentara Nasional Indonesia, dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Sementara penghargaan khusus berupa Lifetime Achievement diberikan kepada Wakil Presiden RI pertama Muhammad Hatta dan Presiden RI ketiga BJ Habibie.

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.