KPU Madina Resmi Luncurkan Website Aksesibilitas Berbasis Suara Pertama di Indonesia

Ketua KPU Madina, Agus Salam (tengah) menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Launching Website Akses KPU Madina.

Ketua KPU Madina, Agus Salam (ketiga kanan) menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Launching Website Aksesibilitas yang berlangsung di Aula KPU Madina, Selasa (14/3).

KPU Madina – Panyabungan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal (Madina) resmi meluncurkan Website Aksesibilitas berbasis suara pertama di Indonesia. Peluncuran Website tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Madina, Agus Salam yang berlangsung di Aula KPU Madina, Selasa (14/3).

Hadir dalam launching Website Aksesibilitas tersebut dari Pemerintah Kabupaten Madina yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, unsur Partai Politik, dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Panyabungan-Madina, dan perwakilan Pengurus Penyandang Cacat (PENCA) Madina.

Agus Salam dalam sambutannya menyampaikan, selama ini Website hanya bisa diakses oleh masyarakat normal secara umum. Dengan telah diperbaharuinya Website KPU Madina, maka panyandang disabilitas pun sudah dapat mengakses informasi di KPU Madina, karena penyandang disabilitas adalah warga negara yang harus diperhatikan juga hak-haknya, termasuk hak untuk memperoleh informasi.

Oleh karena itu, KPU secara berjenjang, khususnya KPU Madina telah mengubah Website yang selama ini berbasis data, mengubah dan memperbaharui Website yang lebih akses yakni berbasis suara, bahkan pertama di Indonesia sehingga dengan mudah dapat diakses oleh penyandang disabilitas. Namun tidak menghilangkan data-data dan dokumen yang ada di dalamnya.

“Semua bagian teks, menu, fitur, dan konten yang terdapat di dalamnya mempunyai efek suara, artinya pengguna/pengunjung Website ini tidak harus membaca isi Website, cukup dengan meng-klik menu, mem-block teks, atau mengklik ikon ‘menu suara’, maka konten yang di-klik akan menimbulkan efek suara, bahkan konten berita-berita atau keterangan-ketarangan yang memakai teks di dalamnya pun menimbulkan efek suara. Ini sangat membantu ” ujar Agus Salam

Ketua dan Anggota KPU Madina, Sekretaris KPU Madina, Dinas Kominfo Madina foto bersama usai penyerahan Piagam Penghargaan kepada konsultan IT KPU Madina dan SLB N Panyabungan.

Ketua dan Anggota KPU Madina, Sekretaris KPU Madina, Kadis Kominfo Madina foto bersama usai penyerahan Piagam Penghargaan kepada konsultan IT KPU Madina dan SLB N Panyabungan.

Ditambahkannya, perubahan lainnya dalam Website tersebut yaitu; adanya teks alternatif pada gambar, subtittle pada audio dan video, dan efek warna. Seluruh teks juga dapat diperbesar dan diperkecil, begitu juga dengan dokumen dibuat dengan versi aksesibilitas seperti word, doc, dan pdf, serta seluruh bagian laman/menu dapat diakses hanya dengan menggunakan papan keyboard.

 “Untuk menggunakan Website ini, KPU Madina telah menyediakan panduan yang terdapat pada menu ‘Panduan Website Akses’ yang terdapat pada bagian kiri bawah dan ikon ‘Disabilitas’ yang terpadat pada bagian kanan atas. Tentunya masih banyak lagi. Nah, untuk lebih lengkapnya, silakan kunjungi website KPU Madina di www.kpud-madinakab.go.id,” pungkasnya. (Admin KPU Madina).

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Kontras
Perbesar Hurup