KPU Madina Sampaikan Hasil Penelitian Administrasi Perbaikan Sekaligus Bimtek Pra Verifikasi Faktual

Anggota KPU Mandailing Natal Divisi Hukum dan Pengawasan, Fadhillah Syarief (ketiga kiri) saat menyampaikan materi bimtek pra verifikasi faktual bagi Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 di Aula KPU Mandailing Natal, Kamis (14/12).

 

KPU Madina – Panyabungan 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal sampaikan hasil penelitian administrasi perbaikan sekaligus bimbingan teknis tata cara verifikasi faktual calon Peserta Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula KPU Mandailing Natal, Kamis (14/12) yang dihadiri Ketua dan Anggota KPU Mandailing Natal, Sekretaris, Kasubbag Hukum, Pimpinan dan masing-masing Petugas Penghubung partai politik (Parpol) se-Kabupaten Mandailing Natal, serta Panwaslih Kabupaten Mandailing Natal yang dalam hal ini dihadiri Maklum Pelawi.

Terkait bimtek pra verifikasi faktual, Anggota KPU Mandailing Natal Divisi Hukum dan Pengawasan, Fadhillah Syarief menyampaikan, verifikasi akan dimulai tanggal 15 Desember 2017 sampai dengan 4 Januari 2018, dan jadwal ini dilakukan untuk 13 dari 17 Parpol yang ada di Mandailing Natal.

Ketiga belas Parpol tersebut yakni Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA).

Selanjutnya Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA), Partai Berkarya, Partai Persatuan Indonesia (PERINDO), dan Partai Garuda.

Anggota KPU Mandailing Natal Divisi Hukum dan Pengawasan, Fadhillah Syarief (tengah-ketiga kiri) saat menyampaikan materi bimtek pra verifikasi faktual bagi Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 di Aula KPU Mandailing Natal, Kamis (14/12).

 

“Khusus ketiga belas Parpol tersebut ada waktu 21 hari yang diberikan sesuai dengan tahapan yang ada di PKPU Nomor 7 Tahun 2017 untuk dilakukan verifikasi faktual. Pokok-pokok yang akan dilakukan verifikasi nantinya meliputi verifikasi faktual terhadap susunan kepengurusan, keterwakilan perempuan, keberadaan kantor tetap, dan keanggotaan Parpol di Kabupaten Mandailing Natal,” jelasnya.

Syarief menambahkan, untuk empat Parpol lainnya, berdasarkan hasil putusan Bawaslu RI dan ada di Mandailing Natal yakni, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Republik, dan Partai Islam Damai Aman (Idaman), start verifikasi faktualnya akan dimulai pada tanggal 25 Desember 2017 sampai 7 Februari 2018.

“Jadi, keempat Parpol ini, besok adalah batas terakhir penyerahan salinan dokumen keanggotaan perbaikan. Namun hari ini mereka tetap kita undang dalam hal bimbingan teknis pra verifikasi faktual. Jadi, kami harap kepada Pimpinan ataupun Petugas Penghubung dari keempat Parpol tersebut yang hadir pada hari ini untuk koperatif agar besok bisa menyampaikan hasil perbaikan keanggotaannya,” tegas Syarief.

Pada akhir acara tersebut disampaikan hasil penelitian administrasi perbaikan bagi ketiga belas Parpol Calon Peserta Pemilu tahun 2019 minus PBB, PKPI, IDAMAN, dan Partai Republik yang diserahkan Kasubbag Hukum KPU Mandailing Natal, Samsul Eddy Pulungan. (PPD/KPU Madina).

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.