KPU Madina Tuntaskan Penelitian Administrasi 12 Parpol Calon Peserta Pemilu 2019

Anggota KPU Mandailing Natal Divisi Hukum dan Pengawasan, Fadhillah Syarief.

 

KPU Madina – Panyabungan 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal tuntaskan penelitian administrasi terhadap 12 Partai Politik (Parpol) calon Peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 di KPU Mandailing Natal, Selasa (14/11). Penelitian administrasi dilakukan untuk mengecek dan meneliti kelengkapan, keabsahan dan kebenaran sebagai pemenuhan persyaratan Parpol menjadi Peserta Pemilu tahun 2019.

“Jadwal akhir penelitian adiministrasi adalah tanggal 15 November 2017. Namun hari ini bisa diselesaikan sebelum batas waktu berakhir. Apresiasi tentunya kepada para Oprator Sipol dan juga pegawai Sekretariat KPU Mandailing Natal yang telah bekerja dengan baik, bahkan bekerja sampai dini hari,” ucap Anggota KPU Mandailing Natal Divisi Hukum dan Pengawasan, Fadhillah Syarief.

Syarief menyebut, Operator telah mengupload ke dalam Sipol berupa tanda bukti penerimaan KTA dan KTP elektronik/Surat Keterangan dengan formulir Model TT.KPU.KAB/KOTA-PARPOL, berita acara penelitian administrasi keanggotaan Parpol calon Peserta Pemilu tingkat KPU Kabupaten/Kota Model BA.ADM.KPU.KAB/KOTA-PARPOL.

“Selanjutnya lembar penelitian administrasi keanggotaan Parpol calon Peserta Pemilu tingkat Kabupaten/Kota Lampiran 1 Model BA.ADM.KPU.KAB/KOTA-PARPOL, dan surat pernyataan anggota Parpol calon Peserta Pemilu terhadap dugaan potensi kegandaan lebih dari satu Parpol dengan Lampiran 2 Model BA.ADM.KPU.KAB/KOTA-PARPOL. Semuanya sudah 100%,” jelasnya.

Dari 15 Parpol calon Peserta Pemilu yang mendaftar di KPU Mandailing Natal, 12 Parpol telah dilakukan penelitian administrasi. Kedua belas Parpol tersebut yakni, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Golongan Karya (Golkar).

Selanjutnya Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Beringin Karya (Berkarya), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Tiga Parpol yang tidak dilakukan penelitian administrasi yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Republik. Ketiga Parpol ini memang telah mendaftar ke KPU Mandailing Natal, namun di KPU RI dokumen persyaratannya dinyatakan tidak lengkap,” tandas Syarief.

Hasil penelitian administrasi dituangkan ke dalam formulir Model BA.ADM.KPU.KAB/KOTA-PARPOL dengan Berita Acara Nomor: 203/PL.01.1-BA/1213/KPU-Kab/XI/2017 tanggal 13 November 2017. Berita Acara akan disampaikan kepada Parpol Calon Peserta Pemilu sebanyak 1 rangkap, KPU sebanyak 1 rangkap, KPU Provinsi  sebanyak 1 rangkap, Bawaslu Kabupaten/Kota sebanyak 1 rangkap, dan Arsip KPU Kabupaten/Kota sebanyak 1 rangkap. (PPID/KPU Madina).

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Kontras
Perbesar Hurup