KPU Madina Verifikasi Keanggotaan Partai Perindo

Anggota KPU Provinsi Sumatera Utara Divisi Hukum, Iskandar Zulkarnain (dua kanan) bersama Kasubbag Hukum KPU Provinsi Sumatera Utara, Evi Ratimah Daulay (kiri) didampingi Komisioner KPU Madina saat mendatangi Kantor DPD Partai Perindo Kabupaten Mandailing Natal dalam verifikasi faktual keanggotaan.

 

KPU Madina – Panyabungan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal (Madina) lakukan verifikasi faktual keanggotaan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kabupten Mandailing Natal yang berlangsung di Kantor DPD Partai Perindo Kabupaten Mandailing Natal, Kamis (21/12).

Verifikasi faktual yang berlangsung di Jl. Willem Iskandar Pidoli Dolok – Panyabungan itu dihadiri dan dimonitoring langsung oleh Anggota KPU Provinsi Sumatera Utara Koordinator Divisi Hukum, Iskandar Zulkarnain, didampingi Kasubbag Hukum, Evi Ratimah Daulay, Kasubbag Keuangan, Nina Purnama Pasaribu beserta Staf.

Verifikasi faktual keanggotaan juga dihadiri Anggota KPU Madina masing-masing Divisi Hukum dan Pengawasan, Fadhillah Syarief, Divisi Teknis, Mas Khairani, dan Divisi SDM dan Parmas, Akhir Mada, yang didampingi Kasubbag Hukum KPU Madina, Samsul Eddy Pulungan, Operator SIPOL, dan verifikator lapangan, serta dihadiri Panwaslih Kabupaten Mandailing Natal.

Pada kesempatan itu, Anggota KPU Madina Divisi Hukum dan Pengawasan, Fadhillah Syarief menyampaikan, bahwa kedatangan KPU Provinsi dan KPU Madina beserta verifikator adalah untuk melakukan verifikasi faktual keanggotaan Partai Perindo Kabupaten Mandailing Natal.

“Setelah kemarin dilakukan verifikasi faktual terkait kepengurusan, keterwakilan perempuan, dan keabsahan kantor domisili, maka hari ini kita akan melakukan verifikasi faktual keanggotaan,” ucap Syarief.

Bukan Tahap Akhir

Sementara itu, Anggota KPU Provinsi Sumatera Utara Koordinator Divisi Hukum, Iskandar Zulkarnain menyebut, ada 12 Parpol yang dinyatakan lulus penelitian administrasi dan keabsahan dokumen persyaratan, termasuk Partai Perindo.

“Yang lulus penelitian administrasi dan keabsahan dokumen persyaratan inilah yang akan dilakukan verifikasi faktual. Ada empat hal yang diverifikasi faktual. Tiga diantaranya telah dijalani Partai Perindo Mandailing Natal, yakni kepengurusan, keterwakilan perempuan, dan kantor domisili. Lalu verifikasi faktual keanggotaan, yang akan kita lakukan hari ini,” jelasnya.

Iskandar menambahkan, nama-nama keanggotaan yang akan dilakukan verifikasi faktual adalah nama yang berdasarkan pencabutan nomor sampling yang telah dilakukan KPU Madina beberapa hari lalu. Sampel terpilih inilah nantinya yang akan dilakukan verifikasi faktual. Lalu dicocokkan apakah data keanggotaan yang dikirim Partai Perindo ke KPU RI melalui SIPOL akurat atau tidak.

“Jadi, siapa-siapa yang menjadi sampel bisa dihadirkan hari ini untuk dilakukan verifikasi faktual dan dapat mempersiapkan diri terkait hal- hal yang diperlukan termasuk Kartu Tanda Penduduk elektronik/Surat Keterangan dan Kartu Tanda Anggota,” tambahnya.

Masih menurut Iskandar, verifikasi faktual yang dilakukan hari ini bukanlah tahap akhir pelaksanaan verifikasi. Dia menyebut, jika hari ini data keanggotaan belum memenuhi syarat atau belum lengkap, maka yang kurang lengkap harus dilengkapi karena masih ada masa perbaikan hasil verifikasi faktual. (PPID/KPU Madina).


Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Kontras
Perbesar Hurup