KPU Terima Usulan Perbaikan DPS

Anggota KPU Madina Koordinator Divisi Sosialisasi, Data, dan Informasi, Mas Khairani (tengah: ujung) dalam Rapat Kerja dengan Operator Sidalih terkait DPS yang berlangsung di Aula KPU MadinaAnggota KPU Madina Koordinator Divisi Sosialisasi, Data, dan Informasi, Mas Khairani (tengah: ujung) dalam Rapat Kerja dengan Operator Sidalih terkait DPS yang berlangsung di Aula KPU Madina, Senin, (21/9).

KPUMadina-Panyabungan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal (Madina) mulai menerima usulan perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina yang akan digelar serentak secara nasional 9 Desember 2015 mendatang. Usulan tersebut berasal dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang disampaikan melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Hasil pencermatan sementara yang dilakukan PPK dan PPS se-Madina, jumlah pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina tahun 2015 mengalami pertambahan dibanding dengan DPT pada Pemilu terakhir.

“Ini merupakan hasil pencermatan sementara yang dilakukan PPS dan PPK, dan kita akan bekerja untuk memperbaiki daftar pemilih tersebut melalui Sidalih,” kata Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Program dan Data KPU Madina, Syaiful Azhar dalam Rapat Kerja Terbatas dengan Operator Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) di Aula KPU Madina, Senin, (21/9).

Sementara itu, Anggota KPU Madina Koordinator Divisi Sosialisasi, Data, dan Informasi, Mas Khairani dalam rapat tersebut menyampaikan, supaya para operator Sidalih benar-benar bekerja dengan memanfaatkan waktu seefesien mungkin hingga ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada awal Oktober mendatang.

“Kita punya waktu sampai dengan satu minggu ke depan untuk mengkoreksi DPS berdasarkan usulan dari masyarakat yang telah disampaikan PPS melalui PPK. Data pemilih yang ganda dan berstatus tidak memenuhi syarat, sesuai usulan PPS, otomatis akan dicoret. Sehingga, DPT yang akan ditetapkan KPU Madina nantinya benar-benar valid dan berkualitas,” terang Mas Khairani.

Dia juga menerangkan, masukan dan tanggapan masyarakat berupa perbaikan penulisan identitas atau data diri pemilih baik per item, maupun secara keseluruhan, termasuk perbaikan NIK dan NKK salah  tulis. Selain itu, dilakukan juga penghapusan dari Sidalih untuk nama Pemilih yang tidak lagi memenuhi persyaratan sebagai Pemilih. (along/jw/KPU Madina).

===@

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontras
Perbesar Hurup