KPUD Madina Melaksanakan Bimtek Audit dan Aplikasi Dana Kampanye Pemilu Tahun 2019

KPUD Madina Melaksanakan Bimtek Audit dan Aplikasi Dana Kampanye Pemilu Tahun 2019

KPU Madina – Panyabungan (17/12/2018),

KPU Kabupaten Mandailing Natal menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Audit dan Aplikasi Dana Kampanye Pemilu Tahun 2019 pada hari Senin (17/12/2018) yang dimulai pukul 13.00 WIB di Aula Kantor KPU Kabupaten Mandailing Natal dengan mengundang 15 (lima belas) Petugas Penghubung (LO) Partai Politik Peserta Pemilu 2019 dan Bawaslu Kabupaten Mandailing Natal.

Bimtek dibuka langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Mandailing Natal, Fadhillah Syarief dan dilanjutkan arahan oleh anggota KPU Kabupaten Mandailing Natal Divisi Hukum dan Pengawasan, Muhammad Yasir Nasution. Tujuan diadakannya Bimtek ini yaitu dalam rangka penyampaian Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) serta hal-hal lain terkait pelaporan dana kampanye Pemilu 2019.

Muhammad Yasir mengingatkan kembali tentang beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan dana kampanye, antara lain: jika terlambat atau tidak menyerahkan LADK akan diberi sanksi pembatalan menjadi peserta Pemilu 2019 di wilayah yang bersangkutan dan mengenai sumber dana kampanye harus jelas dilaporkan detail tentang siapa pemberinya ; nama, alamat, Nomor NPWP dan lain-lainnya. Mengenai jumlah juga tidak lupa diingatkan batasan maksimalnya yg tidak boleh lebih dari 2,5 Milyar untuk bantuan dari perseorangan dan 25 Milyar untuk bantuan dari lembaga/perusahan atau korporasi. Apabila ada yang memberikan bantuan melebihi jumlah maksimal agar perserta jangan sampai menggunakan lebih dari jumlah maksimalnya, tapi kelebihan jumlah tersebut harus dilaporkan kepada KPU untuk seterusnya akan dikembalikan ke Kas Negara.

Terakhir, diingatkan Yasir, bahwa jangan sampai Caleg menerima dan mengelola sendiri dana kampanyenya tapi harus dikoordinir dan dilaporkan melalui Partai dan setiap bantuan kegiatan kampanye wajib melalui Rekening Khusus Kampanye Partai masing-masing. Baik bantuan tersebut berupa uang, barang, maupun jasa.

Bimbingan Teknis dipandu oleh Operator Sidakam KPU Kabupaten Mandailing Natal, Mulyadi Arisandi yang memandu peserta Bimtek dalam penggunaan aplikasi dana kampanye yang akan digunakan oleh Partai Politik Peserta Pemilu 2019.



Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.