Kunjungan Sekjen KPU RI ke KPU SUMUT

20140118_132910Medan, —Setelah mendampingi Ketua KPU RI meresmikan sejumlah kantor KIP kabupaten/kota di Aceh, Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU RI, Arif Rahman Hakim  melakukan kunjungan kerja ke KPU Sumut, Sabtu, (18/1/2014) didampingi sejumlah pejabat dari  Biro Perencanaan dan Biro Logistik KPU RI. Dalam kunjungan tersebut, Sekjen KPU RI bertatap muka dengan seluruh Sekretaris KPU  Kabupaten/Kota se Sumut. Hadir dalam ramah tamah tersebut Sekretaris KPU Sumut, Abdul Rajab Pasaribu, Ketua KPU Sumut Mulia Banurea, dan anggota KPU Sumut yang terdiri dari Benget Silitonga, Yulhasni, Nazir Salim Manik, dan Evi Novida Ginting.

 Pada pertemuan tersebut Sekjen KPU RI menekankan sejumlah hal, agar menjadi perhatian bagi seluruh Sekretaris KPU di tingkat provinsi dan kab/kota. Pertama, agar seluruh Sekretariat KPU di tiap tingkatan fokus mempersiapkan laporan pertanggungjawaban keuangan 2013 karena di bulan Februari  2014,  sebagaimana jadwal normatif, BPK akan mendatangi KPU kab/kota melakukan audit.  Mengingat audit  ini merupakan audit yang terintegrasi dengan audit laporan keuangan  KPU secara menyeluruh, Sekjen KPU RI menginstruksikan agar sebelum 15 Februari proses audit BPK di KPU daerah sudah selesai karena mulai 15 Februari audit akan dilaksanakan di tingkat KPU RI. Seandainya ada hambatan dalam proses audit tersebut, Sekjen KPU RI menyarankan Sekretaris KPU kab/kota untuk segera  berkonsultasi dengan BPKP.Kedua, menyarankan sekretaris KPU dan anggota KPU daerah untuk segera mempelajari DIPA 2014. Hal itu penting untuk mengidentifikasi kelemahan-kelemahan yang  ada dalam DIPA 2014, sehingga, bilamana ada ditemukan kebutuhan-kebutuhan strategis, dan berpotensi mengganggu tahapan pemilu 2014, yang belum tercover di DIPA 2014, dapat diajukan dalam revisi anggaran 2014. Terkait itu, seketaris dan bendahara KPU kab/kota juga diminta segera mempelajari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 7/2013 tentang petunjuk teknis pengajuan revisi anggaran.Ketiga, Sekjen KPU RI menekankan pentingnya fokus dan konsentrasi serta koordinasi dari seluruh tenaga Sekretarit untuk mendukung KPU dalam meningkatkan serapan anggaran di tahun 2014. Sebagai gambaran, di tahun 2013, serapan anggaran KPU secara keseluruhan hanya sekitar 67%. Angka serapan yang tergolong kecil tersebut tentu akan menyulitkan KPU meminta penambahan anggaran di masa yang akan datang.

Keempat, Sekjen KPU RI meminta sekretaris KPU dan anggota KPU untuk memberi perhatian dan mengoptimalkan sistem pengawasan internal yang selama ini kurang mendapat perhatian serius. Padahal pengawasan internal sangat penting untuk membantu sekretaris dan anggota KPU dalam membuat keputusan dan memaksimalkan impelementasi program agar tepat sasaran. Untuk itu Sekjen KPU RI mendorong Sekretaris dan Ketua KPU setempat untuk segera membentuk satgas pengawasan internal di satker masing-masing.

Kelima, Sekjen KPU RI mengharapkan sekretaris dan seluruh tenaga sekretariat meningkatkan kwalitas profesionalitas, integritas, dan akuntabilitas kinerja sehingga tahun 2014 KPU RI bisa mendapat kualifikasi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Selain memberi pengarahan, dalam kesempatan ini Sekjen KPU RI juga memberi waktu kepada sekretaris KPU kab/kota untuk menyampaikan persoalan-persoalan yang terjadi di daerah masing-masing. Sejumlah masalah yang diutarakan diantaranya terkait DIPA yang tak sesuai kebutuhan, penggantian logistik yang hilang (KPU Medan), desa yang belum terkomodasi dalam DIPA 2014 (KPU Madina), juknis  keuangan yang belum ada, dan rencana pelaksanaan pemilu di daerah pengungsi erupsi Gunung Sinabung (KPU Karo). Sekjen KPU RI, secara umum merespon dengan baik berbagai masukan dan “curhat” dari berbagai Sekretaris KPU tersebut. Beliau akan membawa berbagai permasalahan tersebut untuk didiskusikan dengan komisioner agar diambil  keputusan terbaik, termasuk untuk memgantisipasi pelaksanaan pemilu di daerah bencana. (bgt) sumber:kpu.go.id

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontras
Perbesar Hurup