Mengurus E-KTP Jangan sampai Menunggu Jelang Pemilu

Anggota KPU Madina Divisi Teknis Penyelenggara, Mas Kahirani saat memimpin Apel Pagi di KPU Madina, Senin (10/7).

Anggota KPU Madina Divisi Teknis Penyelenggara, Mas Khairani saat memimpin Apel Pagi di KPU Madina, Senin (10/7).

KPU Madina – Panyabungan 

Anggota Komisi Pemilihan Umum Mandailing Natal (KPU Madina) Divisi Teknis Penyelenggara, Mas Khairani menyebut, mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik jangan sampai menunggu jelang dilaksanakannya pemilihan umum (Pemilu) maupun Pemilihan.

Hal itu disampaikannya saat dirinya memimpin pelaksanaan Apel Pagi yang berlangsung di KPU Madina, Senin (10/7). Pelaksanaan Apel pagi itu turut dihadiri Anggota KPU Madina Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Akhir Mada, Divisi Hukum dan Pengawasan, Fadhillah Syarief, Kasubbag Umum, Kasubbag Teknis, dan seluruh Staf Sekretariat KPU Madina.

“Masyarakat kita cenderung mengurus KTP selalu menjelang dilaksanakannya Pemilu/Pemilihan. Paling banyak menjelang menikah, baru mengurus KTP. Nah, apalagi sekarang ini Pemerintah mewajibkan setiap penduduk harus mempunyai KTP Elektronik,” ujar Mas Khairani.

Dirinya menjelaskan, di tahun 2017, KPU telah mengeluarkan lima Peraturan KPU (PKPU), salah satunya adalah tentang pendataan pemilih. Di dalam PKPU Nomor 2 tahun 2017 tentang Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih, penduduk diwajibkan untuk memiliki KTP Elektronik.

“Dengan diberlakukan KTP Elektronik ini, penduduk yang berdomisili di wilayah Pemilihan harus dapat membuktikan tanda kependudukannya dengan KTP Elektronik tersebut sebagai salah satu syarat Pemilih. Dengan adanya KTP Elektronik, tentu sistem pendataan dan pemutakhiran daftar pemilih ini juga akan sedikit berbeda dengan pendataan Pemilihan/Pemilu sebelumnya,” jelasnya.

Dirinya mengingatkan, Pegawai maupun Staf KPU Madina yang belum mempunyai E-KTP agar segera mengurusnya. Di samping itu, hal ini sesegera mungkin disampaikan kepada keluarga terdekat, kerabat, tetangga, maupun kawan-kawan sehingga tidak menjadi kendala saat pendataan dan pemutakhiran jelang Pilkada 2018 mendatang. (along/PPID KPU Madina).

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Kontras
Perbesar Hurup