Minat Pemilih Pemula

Pemilih Pemula

Pemilih Pemula

Cara menumbuhkan minat pemilih pemula dalam melaksanakan hak dalam pemilihan umum :

  1. Pertama menumbuhkan kesadaran berpolitik sejak dini.
  2. Kedua, mengembangkan pendidikan politik kepada para remaja agar mampu menjadi aktor politik dalam lingkup peran dan status yang disandang.
  3. Ketiga,menumbuhkan pengertian bagaimanamenjalankan hak dan kewajiban politik sebagai warga negara secara baik.

Pendidikan adalah masalah khas manusia. Artinya adalah hanya manusialah yang mempunyai persoalan pendidikan sepanjang dia itu hidup. Sedangkan makhluk lain hidup dalam keadaan yang relatif stabil tanpa adanya sebuah perubahan yang berarti, apalagi perkembangan. Pendidikan nasional tidak dapat dipisahkan dari usaha bangsa kita untuk membangun suatu masyarakat Indonesia baru dengan berdasarkan kebudayaan nasional. Berbagai krisis yang terjadi menunjukkan bahwa masih sangat banyak kepincangan dalam perubahan yang terjadi. Pendidikan Indonesia dewasa ini telah terlempar dari kebudayaan, dan telah menjadi alat dari suatu orde ekonomi, atau alat sekelompok penguasa untuk mewujudkan cita-citanya yang tidak selalu sesuai dengan tuntutan masyarakat.

     Budi pekerti berisi nilai-nilai perilaku manusia yang akan diukur menurut kebaikan dan keburukannya melalui norma agama, norma hukum, tata krama dan sopan santun, norma budaya dan adat istiadat masyarakat. Budi pekerti akan mengidentifikasi perilaku positif yang diharapkan dapat terwujud dalam perbuatan, perkataan, pikiran, sikap, perasaan, dan kepribadian peserta didik.

     Karakter bangsa dalam antropologi (khususnya masa lampau) dipandang sebagai tata nilai budaya dan keyakinan yang mengejawantah dalam kebudayaan suatu masyarakat dan memancarkan ciri-ciri khas keluar sehingga dapat ditanggapi orang luar sebagai kepribadian masyarakat tersebut.

     Sebagai agen perubahan mahasiswa mempunyai peran penting dalam membantu persoalan pendidikan yang ada di Indonesia. Melalui usaha-usaha pemberdayaan masyarakat, progres pengabdian ke masyarakat sebagai bentuk integritas terhadap masyarakat.

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Kontras
Perbesar Hurup