Monitoring dan Pemeriksaan untuk Wujudkan Kerja PPDP yang Berkualitas

Anggota KPU Madina Divisi Perencanaan dan Data, Asrizal Lubis.

Anggota KPU Madina Divisi Perencanaan dan Data, Asrizal Lubis.

 

KPU Madina – Panyabungan

Untuk menindaklanjuti amanah Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, dimana pada Pasal 29 ayat (2) disebutkan: “KPU/KIP Kabupaten/Kota melakukan pemeriksaan terhadap pelaksanaan tugas PPDP dengan menggunakan sampel paling sedikit 5% (lima persen) dari jumlah TPS di Kabupaten/Kota”. Untuk itu, monitoring dan pemeriksaan bertujuan untuk mewujudkan kerja PPDP yang berkualitas.

Berdasarkan ketentuan tersebut, KPU Mandailing Natal melakukan monitoring dan memeriksa kerja petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP). Anggota KPU Mandailing Natal Divisi Perencanaan dan Data, Asrizal Lubis menyampaikan betapa pentingnya monitoring dan pemeriksaan kerja PPDP ini.

“PPDP adalah salah satu ujung tombak KPU dalam melakukan proses pemutakhiran data pemilih. Untuk itu harus bekerja sesuai aturan, taat pada asas dan taat waktu,” demikian disampaikan Asrizal dalam keterangannya via seluler saat melakukan monitoring dan pemeriksaan kerja PPDP di Kecamatan Natal, Sabtu (27/1).

Disebutkan Asrizal, untuk melihat seberapa maksimal kerja PPDP, maka harus ada mekanisme kontrol di atasnya, yakni oleh PPS, PPK dan KPU Kabupaten/Kota, melalui proses monitoring dan pemeriksaan terhadap kerja PPDP.

“Langkah-langkah monitoring dan pemeriksaan terdiri dari tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Untuk melaksanakan monitoring dan pemeriksaan kerja PPDP ini, KPU Mandailing Natal, PPK dan PPS berpedoman pada PKPU Nomor 2 tahun 2017 tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota dan petunjuk teknis yang diatur dalam keputusan KPU Nomor 1/PL.03.1-kpt/01/KPU/2018,” tutup Asrizal. (PPID/KPU Madina)

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.