Partispasi Pemilih Madina 64,6%

KPUMadina-Panyabungan
Persentase partisipasi pemilih di Mandailingnatal (Madina) sebesar 64,55% dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) Madina sebanyak 307.312. Hal ini diungkapkan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) tingkat Kabupaten Madina yang digelar pada Rabu (16/7) di Aula KPU Madina, Jalan Merdeka Panyabungan.
Ketua KPU Madina, Agus Salam yang didampingi empat komisioner lainnya di sela-sela acara, menyampaikan, upaya optimalisasi partisipasi pemilih pada PPWP telah dilakukan jauh-jauh hari sebelum penyelenggaraan PPWP. Sebutlah semisal pemasangan iklan di radio lokal, pemasangan spanduk berbahasa Mandailing dan bahasa Indonesia di 404 desa dan kelurahan di Madina, termasuk penyebaran brosur jadwal imsak Ramadhan yang menyisipkan iklan PPWP 9 Juli 2014. Dalam setiap kesempatan, sosialisasi juga dilakukan jajaran KPU kepada jamaah di rumah-rumah ibadah di seluruh Madina.

Selain itu, ungkapnya lagi, KPU Madina juga melakukan sosialisasi partisipasi pemilih di kalangan pemilih pemula dengan menyurati sekolah-sekolah setingkat menengah atas di seluruh Madina termasuk perguruan tinggi di Panyabungan. “Isi surat tersebut, meminta kepada pihak sekolah dan perguruan tinggi agar mengingatkan para siswa dan mahasiswa yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, memeriksa apakah namanya telah tercantum dalam daftar pemilih atau belum. Jika belum terdaftar, agar calon pemilih proaktif mendatangi PPS terdekat untuk bisa memilih pada 9 Juli.”

Terkait garis koordinasi dengan pihak pemerintah kabupaten Madina, dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Madina serta jajarannya yang telah turut berpartisipasi aktif mensosialisasikan PPWP kepada masyarakat Madina.
Perolehan Suara Paslon

Sementara itu, usai rekapitulasi PPWP di Kabupaten Madina, KPU Madina mengumumkan perolehan suara pasangan calon (paslon) presiden dan calon wakil presiden. Untuk paslon nomor urut 1 memperoleh suara sebesar 76,13% atau 150.046 suara. Sedangkan paslon dengan nomor urut 2 memperoleh suara sebesar 23,86% atau 47.046 suara.
Adapun jumlah pemilih yang datang ke TPS sebanyak 198.379 orang. Sementara, jumlah suara sah sebanyak 197.094 atau 99,35% dan suara tidak sah sebanyak 1.285 atau 0,65%. (Div SDI)

 

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Kontras
Perbesar Hurup