Pengunduran Diri Petahana Bukan Kewenangan KPU

Sabtu 20-06-2015 11:57:00

Setelah definisi petahana dipersempit pasca rapat konsultasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) di antara KPU RI dan DPR, KPU menyerahkan persoalan petahana pada masing-masing pihak yang berwenang. KPU tak khawatir akan celah yang dapat dimanfaatkan oleh kepala daerah yang mengundurkan diri untuk mencalonkan diri kembali dalam Pilkada Serentak 2015 mendatang.

“Setiap orang punya kewenangan masing-masing. KPU sudah membuat kewenangannya dengan menerbitkan PKPU. Nah, pernerbitan SK (Surat Keterangan) pemberhentian itu kewenangannya tergantung pada levelnya. Kalau bupati/walikota kewenangannya ada pada menteri. Kalau gubernur ada pada presiden,” kata Komisioner KPU RI, Arief Budiman, di Gedung KPU RI (19/6).

Menurutnya, jika menteri dan presiden mendukung bahwa pencalonan petahana harus diatur sedemikian rupa, maka mereka dapat menerbitkan SK Pemberhentian setelah penetapan pasangan calon. “Artinya, dia (petahana yang mengundurkan diri), saat pendaftaran pasangan calon masih berstatus petahana,” ujarnya.

Arief mengatakan, untuk mengatur pencalonan kembali petahana, KPU telah membuat definisi yang luas, bahkan melarang petahana mengundurkan diri pada masa pencalonan. Namun demikian, definisi itu ditolak dalam rapat konsultasi bersama DPR RI. “Awalnya cakupan kita cukup luas. Lalu dikatakan bahwa yang dimaksud dengan petahana adalah mereka yang sedang menjabat,” tuturnya.

KPU berharap, baik menteri maupun presiden dapat mengatur kebijakan melalui wewenang masing-masing, terkait pembatasan dinasti politik yang terus berkelanjutan. “PKPU sudah kita bikin, sekarang otoritas ada pada pihak selanjutnya, lah. Soal mundur, SK-nya ada pada Pak Menteri, kalau bupati dan walikota, Pak Presiden, kalau ada gubernur,” kata dia. [Bagus]

sumber: http://www.rumahpemilu.org/in/read/9165/Pengunduran-Diri-Petahana-Bukan-Kewenangan-KPU

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontras
Perbesar Hurup