Pilkada Serentak 2018, KPU Madina Tetapkan DPT 274.583 Pemilih

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPSHP untuk ditetapkan menjadi DPT di KPU Kabupaten Madina

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPSHP untuk ditetapkan menjadi DPT di KPU Kabupaten Madina

Panyabungan, kpud-madinakab.go.id – Dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara  (Pilgubsu) Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) untuk ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat Kabupaten bertempat di Aula KPU Madina, Kamis (19/4).

Rapat diikuti oleh seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 23 (dua puluh tiga) Kecamatan se-Kabupaten Madina, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Madina, Tim Kampanye Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 1 dan Nomor Urut 2 serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Madina.

Ketua KPU Madina, Agus Salam dalam sambutannya ketika membuka acara menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh PPK dan PPS yang sudah berjibaku siang dan malam menyiapkan data pemilih sehingga bisa ditetapkan menjadi DPT. Rasa terimakasih juga disampaikan kepada (Disdukcapil) yang selalu siap membantu KPU Madina dalam pelaksanaan pemutakhiran data pemilih. Demikian juga rasa terimakasih disampaikan kepada Panwaslih Madina yang aktif melakukan pengawasan terhadap pemutakhiran data pemilih. “kesuksesan penetapan DPT dan kesuksesan penyelenggaraan Pilgubsu nantinya adalah kesuksesan kita bersama” ujar Salam.

Rapat yang dimulai pada pukul 14.30 WIB tersebut berjalan dengan lancar, satu persatu PPK bergiliran membacakan hasil Rekap DPSHP dari kecamatan masing-masing, dan sesekali Panwaslih meminta penjelasan dari PPK terkait dengan rekap DPSHP mulai dari tingkat desa sampai kecamatan bahkan sampai di tingkat Kabupaten. Sementara Tim Kampanye tak seorangpun yang memberikan tanggapan terhadap rekap DPSHP yang disampaikan oleh masing-masing PPK.

Setelah seluruh PPK menyampaikan hasil Rekap DPSHP dari kecamatan masing-masing, maka kemudian diketahui hasil Rekapitulasi DPSHP tingkat Kabupaten Madina sebanyak 274.583 (dua ratus tujuh puluh empat ribu lima ratus delapan puluh tiga) pemilih, termasuk didalamnya, 3.791 (tiga ribu tujuh ratus sembilan puluh satu) orang pemilih baru.

Jumlah rekap DPSHP tersebutlah yang kemudian ditetapkan menjadi DPT, dengan rincian 134.808 (seratus tiga puluh empat ribu delapan ratus delapan) laki-laki dan 139.775 (seratus tiga puluh sembilan ribu tujuh ratus tujuh puluh lima) perempuan. Setelah DPT ditetapkan KPU Madina kemudian menyerahkan hasil rekapitulasi kepada Panwaslih, dan masing-masing Tim Kampanye.

Sementara itu usai Rapat Pleno Penetapan DPT, Anggota KPU Madina Divisi Perencanaan dan Data, Asrizal Lubis menjelaskan kepada wartawan bahwa apabila masih ada penduduk Madina yang berhak memilih tapi namanya belum masuk kedalam DPT, maka pada hari pemungutan suara tanggal 27 Juni nanti masih berhak datang menggunakan hak pilihnya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai dengan alamat Kartu Tanda Penduduk Elektroniknya (KTP-elnya), dengan syarat membawa KTP-el atau Surat Keterangan Penduduk (Suket) ke TPS dan menunjukkannya kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara  (KPPS).

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontras
Perbesar Hurup