Terkait Pemutakhiran Data, KPU Madina Gandeng Disdukcapil

Ketua KPU Madina, Agus Salam.

Ketua KPU Madina, Agus Salam.

KPU Madina – Panyabungan

Komisi Pemilihan Umum Mandailing Natal (KPU Madina) akan menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Madina dalam hal pemutakhiran data pemilih jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Pilgubsu) tahun 2018.

“Usulan kerja sama tersebut telah kita bahas saat Rapat Rutin yang dilaksanakan di KPU Madina hari ini. Kawan-kawan Komisioner telah sepakat dan dalam waktu dekat akan kita tindak lanjuti,” kata Ketua KPU Madina, Agus Salam, di Kantor Sekretariat KPU Madina Senin (10/7).

Agus menambahkan, hal paling urgen dalam kerja sama tersebut nantinya adalah mengenai Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Karena, sesuai dengan  Surat Edaran KPU No. 506/KPU/IX/2016 perihal Daftar Pemilih Pemilihan Tahun 2017 menerangkan bahwa syarat warga negara yang berhak terdaftar sebagai pemilih adalah yang memiliki KTP Elektronik (KTP-el).

“Di samping itu, kita nantinya juga akan memastikan, jika penduduk tersebut belum mempunyai e-KTP hingga menjelang hari pemungutan suara, kita akan menghimbau kepada penduduk yang terdaftar sebagai pemilih untuk menggunakan surat keterangan berdomisili di daerah pemilihan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Inikan harus kita sampaikan kepada Dinas terkait,” terang Agus.

Terkait pemutakhiran data pemilih, Pilkada Serentak tahun 2018 memang sedikit berbeda dibandingkan dengan Pilkada dan Pemilu tahun sebelumnya, dimana warga negara yang terdaftar sebagai pemilih wajib berdomisili di daerah Pemilihan yang dibuktikan dengan KTP elektronik sebagaimana terdapat pada ketentuan Pasal 5 ayat (2) huruf  d. Peraturan KPU Nomor 2 tahun 2017. (along/PPID KPU Madina).

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Kontras
Perbesar Hurup