Tim Kampanye Diminta Patuhi Larangan Berkampanye

Anggota KPU Madina Divisi Hukum dan Pengawasan, Fadhillah Syarief

Anggota KPU Madina Divisi Hukum dan Pengawasan, Fadhillah Syarief. (foto.dok/along/KPU Madina).

KPUMadina-Panyabungan

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal (Madina) Divisi Hukum dan Pengawasan, Fadhillah Syarief meminta Tim Kampanye untuk mematuhi larangan dalam berkampanye pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina Tahun 2015.

Dia berharap seluruh Tim Kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati untuk mempedomani Peraturan KPU (PKPU) Nomor 7 Tahun 2015 yang terdapat pada ketentuan Bab IX tentang Larangan dan Sanksi dalam berkampanye.”Hal ini harus dilakukan agar terwujud kampanye damai dan kondusif di wilayah Kabupaten Madina,” ujarnya.

Fadhillah Syarief menambahkan, larangan-larangan dalam berkampanye itu terdapat pada ketentuan Pasal 66, 67, 68 dan 69 PKPU Nomor 7 Tahun 2015 pada Bab IX bagian Kesatu. “Secara umum keempat pasal pada Bab IX bagian Kesatu PKPU Nomor 7 Tahun 2015, merupakan larangan dalam berkampanye yang harus diperhatikan Tim Kampanye,” tambahnya.

Terkait sanksi, Fadhillah Syarief menerangkan, pelanggaran atas larangan dalam Pasal 66 ayat (1) huruf ‘a’ sampai dengan huruf ‘i’, dikategorikan sebagai tindak pidana dan akan dikenai sanksi berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Sedangkan pelanggaran atas larangan Pasal 66 ayat (1) huruf ‘j’ sampai dengan huruf ‘k’ akan dikenai sanksi berupa peringatan tertulis walaupun walaupun belum menimbulkan gangguan dan penghentian kegiatan kampanye, baik di tempat terjadinya pelanggaran maupun di tempat lain yang dapat mengakibatkan gangguan keamanan ke daerah Pemilihan lain.

Untuk pelanggaran atas larangan ketentuan penyebaran bahan kampanye sebagaimana terdapat Pasal 68 ayat (1) akan dikenai sanksi berupa peringatan tertulis. “Bahkan lebih fatal lagi akan dilaksanakan perintah penarikan bahan kampanye untuk diserahkan ke KPU dengan bukti penarikan bahan kampanye,” Tandas Fadhillah Syarief.(along/jw/KPU Madina).

===@

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Kontras
Perbesar Hurup