14 Juni, Pilkada Serentak 2018 Diresmikan

Anggota KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi

Anggota KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi

 

KPU Madina – Panyabungan

Anggota Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Pramono Ubaid Tanthowi, menyampaiakan, pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak tahun 2018 rencananya akan diresmikan oleh KPU RI pada 14 Juni 2017 mendatang. Dengan peresmian tersebut ia berharap KPU di daerah sudah dapat melaksanakan tahapan pemilihan secara optimal.

“Secara nasional nanti akan kita launching pada 14 Juni. Dari situ kami berharap KPU Kabupaten/Kota sudah bisa melakukan persiapan-persiapan yang dibutuhkan. Karena pada tanggal itu kami juga berharap PKPU tentang tahapan sudah melalui konsultasi dengan DPR,” ujarnya pada Rabu, (17/5) lalu.

Terkait pembiayaan pilkada, KPU RI berharap seluruh daerah sudah melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Dana Hibah Daerah (NPHD) pada 17 September 2017 mendatang, sehingga tahapan yang sedang berlangsung bisa berjalan lancar tanpa kendala terkait pembiayaan.

“Kemungkinan pada 17 September kita harapkan NPHD sudah ditandatangani oleh seluruh KPU Kabupaten/Kota, sehingga pada 17 September itu sudah bisa jalan,” tambahnya.

Disinggung mengenai sistem Pemilu 2019 yang saat ini tengah dibahas oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Tanthowi mengatakan bahwa pembahasan tersebut memunculkan banyak opsi, diantaranya sistem proporsional tertutup, proporsional terbuka, hingga sistem proporsional terbuka terbatas.

“Sistem pemilu masih dibahas, sebagian menghendaki proporsional tertutup, sebagian proporsional terbuka, lalu muncul jalan tengah ada proporsional terbuka terbatas. Tetapi itu masih berkembang, jadi kita lihat nanti hasil akhirnya seperti apa,” pungkasnya. (Admin KPU Madina)

Sumber:kpu.go.id

 

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.