Bimtek Terpadu Putungsura 2019

Pelaksanaan Bimbingan Teknis Terpadu Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Mandailing Natal

Panyabungan (16/03/2019) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mandailing Natal (KPU Madina) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Terpadu Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi hasil Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan di Aula Hotel Abara selama 3 (tiga) mulai tanggal 14 s/d 16 Maret 2019.

Ketua, anggota KPU dan anggota Bawaslu menyampaikan kata-kata sambutan kepada peserta bimtek

Bimtek Terpadu ini dilaksanakan oleh KPU Madina bersama Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Mandailing Natal (Bawaslu Madina) untuk menyamakan persepsi tentang Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara (Putungsura) serta Rekapitulasi yang dilaksanakan di tingkat Kecamatan.

Pemaparan Materi oleh Komisioner Bawaslu, Maklum Pelawi, ST.

Pemaparan dari Divisi Perencanaan Data dan Informasi disampaikan oleh Ahmad Faisal, yang menjelaskan bahwa Pemilih yang sangat perlu diperhatikan yaitu Pemilih yang datang pada saat hari Pemungutan Suara namun hanya menunjukkan KTP-El saja, maka Pemilih tersebut dimasukkan kedalam Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Penyampaian Materi oleh Divisi Data dan Informasi, Ahmad Faisal

Sesuai dengan susunan acara yang dibuat, materi kedua yaitu Logistik Pemilu yang disampaikan oleh Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, Fadhillah Syarief. Beliau menyatakan bahwa nantinya Panitia Pemilihan Kecamatan harus teliti dengan logistik apa yang di dalam dan diluar kotak, sehingga tidak adanya kesalahan saat logistik naik.

Penyampaian Materi oleh Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, Fadhillah Syarief

Penyampain Materi selanjutnya dipaparkan oleh Divisi Teknis Penyelenggara, Muhammad Ikhsan, selaku leading sector pelaksanaan Putungsura pada Pemilihan Umum Tahun 2019 ini. Beliau Banyak menjelaskan tentang pelaksanaan Putungsura di TPS dan melakukan Rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

Penyampaian Materi oleh Divisi Teknis Penyelenggara, Muhammad Ikhsan

Dihari kedua Bimtek terpadu ini di Narasumberi oleh KPU Provinsi Sumatera Utara, yang dihadiri oleh Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Kordiv Datin), Herdensi Adnin. Beliau memaparkan banyak hal mengenai Putungsura serta Rekapitulasi, namun berhubung beliau Kordiv Datin, menyebabkan banyak Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menanyakan tentang proses perbaikan data pemilih.

Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Herdensi Adnin menyampaikan Materi Putungsura

Dihari ketiga, diawali dengan penyampaian materi oleh Divisi Hukum dan Pengawasan, Muhammad Yasir Nasution, yang menyampaikan janganlah kita sebagai penyelenggara ini terlihat melakukan keterpihakan terhadap peserta pemilu melalui fose berfoto dalam akun sosial medianya masing-masing. Jagalah netralitas kita sebagai penyelenggara pemilu tambahnya.

Penyampaian Materi oleh Divisi Hukum dan Pengawasan, Muhammad Yasir Nasution

Terakhir, materi yang disampaikan oleh Divisi SDM dan Parmasy, Muhammad Husein Lubis, yang menjelaskan tentang kesiapan badan Adhock mendekati hari Pemungutan dan Penghitungan Suara. Beliau menyatakan Siap tidak Siap, Sanggup tidak Sanggup kita sebagai penyelenggara haru Siap dan Sanggup. Sebab kita sudah menandatangani Fakta Integritas dan mengucap Sumpah Janji kita sebagai Penyelenggara untuk siap melaksanakan Tahapan dan Jadwal Pemilu Tahun 2019 ini.

Penyampaian Materi oleh Divisi SDM dan Parmasy, Muhammad Husein Lubis

Dalam hal ini, KPU Madina juga melaksanakan simulasi pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di Tempat Pemungutan Suara. Simulasi tersebut dilaksanakan untuk memantapkan cara melakukan Bimtek ke jajaran PPS dan KPPS nantinya.

Divisi Teknis Penyelenggara, Muhammad Ikhsan, menjelaskan kegiatan di TPS


Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.