Dokumen Persyaratan Paslon Dahlan-Ja’far Dikembalikan

Ketua DPD Partai Nasdem, H. Daud Lubis (kiri dalam) didampingi Sekretaris DPD Partai Nasdem Drs. H. Amir H. Hasibuan (kanan dalam) tiba di Kantor KPU Madina melakukan proses pendaftaran dan penyerahan berkas persyaratan pencalonan dan persyaratan calon Bupati dan Wakil Bupati Madina atas nama atas nama H. Dahlan Hasan Nasution dan H.M Ja’far Sukhairi Nasution, Minggu (26/7). (Foto.dok KPU Madina).Ketua DPD Partai Nasdem, H. Daud Lubis (kiri dalam) didampingi Sekretaris DPD Partai Nasdem Drs. H. Amir H. Hasibuan (kanan dalam) tiba di Kantor KPU Madina melakukan proses pendaftaran dan penyerahan berkas persyaratan pencalonan dan persyaratan calon Bupati dan Wakil Bupati Madina atas nama atas nama H. Dahlan Hasan Nasution dan H.M Ja’far Sukhairi Nasution, Minggu (26/7). (Foto.dok KPU Madina).

KPUMadina-Panyabungan

Tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal (Madina) sekira pukul 09.58 WIB, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Madina, H. Daud Lubis dan Sekretaris Partai Nasdem Madina, Drs. H. Amir H. Hasibuan disambut baik Anggota KPU Madina. Kedatangan mereka untuk melakukan proses pendaftaran dan penyerahan dokumen persyaratan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Madina. Namun pendaftaran dan penyerahan dokumen persyaratan tersebut dikembalikan karena tidak memenuhi persyaratan.

KPU Madina mengembalikan dokumen persyaratan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Madina Tahun 2015 atas nama H. Dahlan Hasan Nasution dan H.M Ja’far Sukhairi Nasution yang diusung Partai Nasdem. Pengembalian dokumen persyaratan Paslon itu disebabkan tidak hadirnya Paslon dan Pimpinan Gabungan Partai pengusung serta tidak melengkapi berkas pendaftaran berupa formulir Model B. KWK Parpol. Pengembalian dokumen itu dituangkan dalam berita acara rapat pleno.

Rapat pleno dihadiri Ketua KPU Madina, Agus Salam, Anggota KPU Madina Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara, Akhir Mada, Koordinator Divisi Sosialisasi, Data, dan Informasi, Mas Khairani, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan Fadhillah Syarief, Koordinator Divisi Anggaran, Logistik, dan Sumber Daya Manusia (SDM), Asrizal Lubis, Ketua Panwas Kabupaten, Ahmad Husein, para Kasubbag KPU Madina, serta seluruh jajaran sekretariat KPU Madina yang ditugaskan dalam proses pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil Bupati Madina Tahun 2015.

Pengembalian dokumen itu berdasarkan berita acara rapat pleno Nomor: 79/BA/VII/2015 yang dilaksanakan berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 12 Tahun 2015 pada Pasal 38 ayat (5) dan Surat Edaran KPU Nomor: 402/KPU/VII/2015 tanggal 24 Juli 2015 perihal Pendaftaran Pasangan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

“Paslon seharusnya hadir. Begitu juga para pimpinan partai pengusung atau pimpinan gabungan partai pengusung. Semua unsur ini seharusnya hadir dalam proses pendaftaran ini,” jelas Akhir Mada.

Akan tetapi, justru yang hadir hanya satu pimpinan partai pengusung saja, yaitu ketua DPD Partai Nasdem dan Sekretarisnya. Jika Nasdem memiliki 8 (delapan) kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai syarat pengusungan calon, tidak ada masalah datang ke KPU mendaftarkan Paslon yang diusung. “Nasdem, kan hanya memiliki 3 (tiga) kursi. Partai pengusung lainnya kemana?” lanjutnya.

Akhir menambahkan, walaupun dokumen dikembalikan, bukan berarti KPU Madina membatalkan Paslon. Melainkan Paslon masih bisa didaftarkan pada hari lain di masa pendaftaran. Syaratnya, Paslon harus hadir dan melengkapi berkas syarat pencalonan dan syarat calon. Begitu juga para pimpinan partai pengusung dan pimpinan gabungan partai pengusung juga harus hadir. (along/jw/KPU Madina).

===@

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.