KPU MADINA BUKA KOTAK SUARA TERSEGEL HADAPI PHPKADA TAHUN 2020

Panyabungan – KPU Madina (24/01/2021)

Berdasarkan;

Peraturan KPU Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Surat KPU Republik Indonesia Nomor 1232/PY.02.1-SD/03/KPU/XII/2020 tanggal 22 Desember 2020 perihal Persiapan menghadapi Perkara Pengajuan Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Serentak Tahun 2020, yang salah satunya meminta kepada KPU Povinsi dan KPU Kabupaten/Kota Penyelenggara Pemilihan yang terdapat pasangan calon atau pemantau telah mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilihan agar mengidentifikasi dokumen hasil pemungutan dan penghitungan suara di TPS serta dokumen rekapitulasi hasil penghitungan suara di PPK, KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota yang berada dalam kotak suara, yang berdasarkan kondisi dalam proses pelaksanaannya diprediksi cukup berpotensi menjadi objek sengketa di Mahkamah Konstitusi yang diajukan oleh Pasangan Calon selaku Pemohon atau sebagai Dokumen Alat Bukti bagi KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota.

Surat KPU Republik Indonesia Nomor 12/PY.02.1-SD/03/KPU/I/2021 tanggal 7 Januari 2021, perihal Pembukaan Kotak Suara dalam Penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilihan di Mahkamah Konstitusi yang salah satunya menerangkan bahwa dengan menganalogkan prosedur pembukaan kotak suara dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sebagaimana dimaksud dalam putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 1/PHPU.PRES-XII/2014, tentu perlakukan yang sama juga diterapkan dalam pembukan kotak suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil wali Kota.

Surat KPU Provinsi Sumatera Utara Nomor 039/PY.02.1-SD/12/Prov/I/2021 tanggal 18 Januari 2021, perihal Persiapan menghadapi Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan dan Jadwal Pembukaan Kotak Suara, yang pada pokoknya menerangkan tentang Pembukaan Kotak Suara untuk mengambil formulir yang digunakan sebagai alat bukti dalam Penyelesaian hasil Pemilihan agar berpedoman pada : pasal 71 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan KPU Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Register Perkara Nomor 86/PHP.BUP-XIX/2021 yang diajukan oleh H. MUHAMMAD JAFAR SUKHAIRI NST dan ATIKA AZMI UTAMMI, B.App.Fin, M.Fin Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal Tahun 2020, Nomor Urut 1, dan Register Perkara Nomor 79/PHP.BUP-XIX/2021 yang diajukan oleh H. M. SOFWAT NASUTION dan Ir. H. ZUBEIR LUBIS Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal Tahun 2020, Nomor Urut 3.

Sehubungan dengan dasar tersebut di atas, KPU Kabupaten Mandailing Natal melakukan pembukaan kotak suara tersegel yang disimpan di gudang KPU Kabupaten Mandailing Natal Jl. Willem Iskandar Komplek Perkantoran Bupati Lama Kelurahan Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan untuk mengambil dokumen alat bukti untuk menjawab permohonan gugatan perselisihan hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal Tahun 2020.

Satu hari sebelum proses pembukaan kotak suara dilaksanakan, KPU Kabupaten Mandailing Natal terlebih dahulu berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Mandailing Natal dan Kepolisian Resort Mandailing Natal terkait akan dibukanya kotak suara tersegel yang berada digudang KPU Kabupaten Mandailing Natal.

Pembukaan kotak suara dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yang dimulai pada hari Kamis s/d Sabtu tanggal 21/23 Januari 2021 yang dihadiri masing-masing saksi dari pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal, Bawaslu Kabupaten Mandailing Natal, Kejaksaan Negeri Mandailing Natal dan Kepolisian Resort Mandailing Natal.

Setelah kotak suara dibuka dan dokumen yang dibutuhkan dikeluarkan untuk digandakan, KPU Kabupaten Mandailing Natal memasukkan kembali dokumen-dokumen tersebut dan dikunci/gembok serta menyegel kembali seperti semula

Proses pembukaan kotak berjalan lancar dengan selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.