KPU Madina Lanjutkan Pendidikan Pemilih 2017

Pendidikan Pemilih SMK Willem Iskandar Panyabungan

Foto bersama usai kegiatan Pendidikan Pemilih SMK Willem Iskandar Panyabungan, Kamis (2/2). (foto.dok: along/KPUMadina)

KPU Madina-Panyabungan

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mandailing Natal (KPU Madina) lanjutkan pendidikan pemilih tahun 2017. Di tahun 2017 ini, KPU Madina mengawali kunjungan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Willem Iskandar Panyabungan, Kamis, (2/2). Pendidikan pemilih tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran siswa/i selaku pemilih pemula dan calon pemilih  untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan Pemilihan Umum maupun Pemilihan Kepala Daerah.

Pada kegiatan itu disampaikan, pentingnya siswa siswi selaku kaum terpelajar untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pemilu, larangan golput, selektif dalam menentukan calon, dan undang-undang kepemiluan. Diharapkan juga, para pemilih pemula ini mampu menjadi motor penggerak masyarakat untuk turut menggunakan hak pilihnya dalam pemilu.

KPU Madina juga membagikan Formulir Tanggapan Masyarakat tentang DPT. Bila namanya belum terdaftar di DPT, atau penulisan nama atau alamatnya salah dalam DPT, atau misalnya pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT telah pindah alamat, maka formulir itu bisa diisi oleh yang bersangkutan untuk selanjutnya berdasarakan formulir tersebut KPU Madina akan melakukan perbaikan/pemutakhiran data pemilih.

Pendidikan pemilih ini merupakan tanggungjawab moral, khususnya KPU Madina untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu-pemilu berikutnya. KPU Madina akan terus berinovasi membuat kegiatan-kegiatan yang bisa mendongkrak peningkatan partisipasi masyarakat. Idelanya lembaga-lembaga politik terutama Parpol juga mempunyai kewajiban untuk melakukan pendidikan politik kepada masyarakat, oleh karena itu diharapkan dukungan dan partisipasi semua pihak demi peningkatan kualitas Pemilu/Pilkada pada masa-masa yang akan datang di Mandailing Natal.

Pendidikan pemilih pemula tersebut dihadiri Anggota KPU Madina Divisi SDM dan Parmas, Akhir Mada, Divisi Hukum dan Pengawasan, Fadhillah Syarief, Divisi Perencanaan dan Data, Asrizal Lubis serta Staf Sekretariat KPU Madina.

Usai kegiatan, KPU Madina mengucapkan terimakasih dan memberikan piagam penghargaan kepada Kepala SMK Willem Iskandar Panyabungan, atas kerjasamanya dalam memfasilitasi pelaksanaan pendidikan pemilih di sekolah tersebut. (along/ppid/KPU Madina).

===@

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.