MUHAMMAD HUSEIN LUBIS, UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19

Panyabungan-KPU Madina (02/04/2020)

Sebelumnya kita mengenal social distancing, yang kemudian frasa itu diubah menjadi physical distancing oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak Jumat (20/3/2020). Physical distancing atau jaga jarak merupakan hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

 

WHO sebenarnya tidak menyarankan Semprot Disinfektan, Ini Solusi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang juga sangat bagus. Namun, menjaga jarak fisik bukan berarti kita memutus hubungan sosial dengan orang yang kita sayangi dan cintai.

Muhammad Husein Lubis, Kordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Madina mengatakan “Pemerintah sudah menganjurkan untuk melakukan aktivitas di dalam rumah saja, termasuk belajar, bekerja dan beribadah, namun kadangkala keadaan sesekali memaksa kita harus keluar rumah, jika harus keluar rumah, jaga jarak aman dua meter dengan orang lain untuk melindungi diri kita sendiri dan diri orang lain juga” pungkasnya.

Muhammad Husein Lubis juga menambahkan apabila harus keluar rumah supaya memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut : 1.  Pakai masker 2. Pakai jaket atau baju lengan panjang 3. Tidak perlu pakai aksesoris (gelang, cincin, anting dll) 4. Usahakan tidak menggunakan transportasi umum 5. Pakai sapu tangan/tisu dijari untuk menyentuh permukaan  apapun 6. Setelah digunakan remas dan buang ke tempat sampah 7. Jika batuk atau bersin, lakukan etika yang benar (gunakan siku anda) 8. Usahakan bertransaksi secara non-tunai 9. Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setelah menyentuh permukaan apapun 10. Jangan menyentuh wajah sampai tangan benar-benar bersih 11.  Jaga jarak aman dengan orang lain (minimal 2 meter).

Dan setibanya dirumah kita kembali memperhatikan langkah-langkah sebagaiberikut : 1.  Setelah sampai rumah, jangan dulu menyentuh apapun 2. Buka sepatu sebelum masuk rumah 3. Buka pakaian dan segera masukkan ke dalam keranjang cucian 4. Letakkan tas, dompet, kunci, dll ke dalam kotak di pintu masuk 5. Segera mandi 6. Kalau belum bisa mandi, pastikan cuci semua area kulit yang terkena paparan udara luar 7. Bersihkan handphone, kacamata dll dengan alkohol atau disinfektan” tambah Muhammad Husein Lubis

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.