Rakor terkait Debat Publik Pilkada Madina Tahun 2020

KPU Kabupaten Mandailing Natal laksanakan Rapat Koordinasi terkait persiapan Debat Publik Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal Tahun 2020

Panyabungan, 27/10/20

Debat merupakan kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan. Secara formal, debat banyak dilakukan dalam institusi legislatif seperti parlemen, terutama di negara-negara yang menggunakan sistem oposisi. Contoh lain debat yang diselenggarakan secara formal adalah debat antar kandidat legislatif dan debat antar calon Presiden/Wakil Presiden, Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan/atau Walikota/Wakil Walikota yang umum dilakukan menjelang pemilihan umum, dan pemilihan kepala daerah.

Pelaksanaan Kampanye dilakukan dengan metode :

  1. pertemuan terbatas;
  2. pertemuan tatap muka dan dialog;
  3. debat publik/debat terbuka antar-Pasangan Calon;
  4. penyebaran Bahan Kampanye kepada umum;
  5. pemasangan Alat Peraga Kampanye;
  6. penayangan iklan Kampanye di media massa cetak, media massa elektronik, Media Sosial, dan/atau Media Daring; dan/atau
  7. kegiatan lain yang tidak melanggar larangan Kampanye  dan ketentuan peraturan  perundang-undangan,  yang  mencakup kegiatan:
  8. Kampanye melalui Media Sosial; dan Kampanye melalui Media Daring

Fasilitasi metode Kampanye oleh KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota, meliputi:

  • debat publik atau debat terbuka antar-Pasangan Calon;
  • penyebaran Bahan Kampanye kepada umum;
  • pemasangan Alat Peraga Kampanye; dan/atau
  • iklan Kampanye di media massa cetak dan/atau media massa elektronik.

Metode Kampanye yang difasilitasi oleh KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Debat publik atau debat terbuka antarpasangan calon bertujuan untuk:

  1. menyebarluaskan profil, visi, dan misi, serta program kerja para Pasangan Calon kepada Pemilih dan masyarakat;
  2. memberikan informasi secara menyeluruh kepada Pemilih sebagai salah satu pertimbangan Pemilih dalam menentukan pilihannya; dan
  3. menggali lebih dalam dan luas atas setiap tema yang diangkat dalam kegiatan debat publik atau debat terbuka.

Dalam hal mempersiapkan pelaksanaan Debat Publik antar-Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mandailing Natal melakukan Rapat Koordinasi dengan Partai Politik atau Gabungan Partai Politik, Pasangan Calon, dan/atau Tim Kampanye dan Lembaga Penyiaran Publik atau Lembaga Penyiaran Swasta penyelenggara acara debat.

Rapat Koordinasi persiapan Debat Publik antar-Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal Tahun 2020

Rapat Koordinasi persiapan Debat publik atau debat terbuka antar-Pasangan Calon pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal Tahun 2020 ini dihadiri oleh :

  • Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mandailing Natal
  • Bawaslu Mandailing Natal;
  • Kapolres Mandailing Natal yang diwakili oleh Wakapolres, Kompol. Agus Mariana;
  • Danramil 13 Panyabungan, Kapten Inf. A.K. Harahap;
  • Pasangan Calon, dan/atau Tim Penghubung atau Liasion Officer (L.O);
  • Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Mandailing Natal
  • Lembaga Penyiaran dari Efarina TV;dan
  • Pihak Media Cetak dan Media Elektronik.

Debat publik atau debat terbuka antar-Pasangan Calon pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal Tahun 2020 akan dilksanakan pada tanggal 13 November 2020 di Convention Hall Pia Hotel, Pandan, Tapanuli Tengah.

Peserta debat publik atau debat terbuka antar-Pasangan Calon Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, yakni:

  • Calon Bupati;
  • Calon Wakil Bupati; dan
  • Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati.

Ketidakhadiran Pasangan Calon bisa ditoleransi dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Calon atau Pasangan Calon yang tidak dapat mengikuti kegiatan debat dengan alasan sedang melaksanakan ibadah, harus dibuktikan dengan surat keterangan dari lembaga yang berwenang menyelenggarakan ibadah.
  2. Calon atau Pasangan Calon yang tidak dapat mengikuti kegiatan debat dengan alasan kesehatan harus dibuktikan dengan surat keterangan dokter dari dokter.
  3. Surat keterangan pelaksanaan ibadah dan surat keterangan dokter harus diserahkan kepada KPU Kabupaten Mandailing Natal paling lambat 3 (tiga) Hari sebelum penyelenggaraan debat publik atau debat terbuka.
  4. Dalam hal Calon atau Pasangan Calon mengalami sakit mendadak atau kecelakaan menjelang pelaksanaan debat, Tim Kampanye menyampaikan pemberitahuan secara tertulis dan/atau surat keterangan dokter, kepada KPU Kabupaten Mandailing Natal.

Sanksi bagi Calon atau Pasangan Calon yang menolak mengikuti debat publik atau debat terbuka.Dalam hal Pasangan Calon terbukti secara sah menolak mengikuti debat publik atau debat terbuka yang difasilitasi KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota, maka Pasangan Calon dikenai sanksi, berupa:    

  • diumumkan oleh KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota bahwa Pasangan Calon yang bersangkutan menolak mengikuti debat publik atau debat terbuka; dan    
  • sisa iklan Pasangan Calon yang bersangkutan yang difasilitasi oleh KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota, tidak ditayangkan terhitung sejak Pasangan Calon tidak mengikuti debat publik atau debat terbuka.


Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.