RAPAT PLENO TERBUKA REKAPITULASI DPSHP DAN PENETAPAN DPT PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI MADINA TAHUN 2020

Panyabungan-KPU Madina. Jum’at (16/10/2020)

KPU Kabupaten Mandailing Natal melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS HP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal tahun 2020.

Acara yang dimulai pukul 15.15 WIB itu dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten Mandailing Natal, Tim Kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Disdukcapil Kabupaten Mandailing Natal, Lapas Klas IIB Panyabungan dan PPK se-Kabupaten Mandailing Natal. PPK yang hadir adalah ketua dan anggota PPK yang membidangi data pemilih. Acara ini dilaksanakan di Aula KPU Kabupaten Mandailing Natal.

Rapat pleno terbuka dilaksanakan dengan pembacaan hasil rekapitulasi DPS HP tingkat Kecamatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Setelah PPK membacakan rekapitulasi, KPU meminta tanggapan Bawaslu dan Tim Kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati. Rapat pleno terbuka DPS HP tingkat Kecamatan sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 dimulai tanggal 7 s.d 9 Oktober 2020 sedangkan tingkat Kabupaten sendiri dilaksanakan tanggal 9 s.d 16 Oktober 2020.

Rapat pleno terbuka Penetapan DPT ini menghasilkan jumlah pemilih sebanyak 299.582 pemilih dengan rincian jumlah pemilih laki-laki sebanyak 147.651 pemilih dan jumlah pemilih perempuan sebanyak 151.931 pemilih. Jumlah pemilih tersebut tersebar di 23 kecamatan, 404 desa/kelurahan dan 1.008 TPS.

Ketua KPU Kabupaten Mandailing Natal, Fadhillah Syarief mengatakan “Pelaksanaan rapat pleno terbuka ini berdasarkan ketentuan yang ada dalam PKPU Nomor 5 Tahun 2020 dan PKPU Nomor 17 tahun 2020. Terkait jumlah pemilih dibandingkan tahun 2019 ada pertambahan pemilih dari yang sebelumnya sebanyak 297.414 pemilih menjadi 299.582 pemilih dengan pertambahan sebanyak 2.168 pemilih. Jumlah pemilih ini nantinya akan menjadi dasar pengadaan logistik untuk kebutuhan pemungutan suara tanggal 9 Desember 2020”. ucapnya

Ahmad Faisal, Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Mandailing Natal menambahkan setelah penetapan DPT ini, proses selanjutnya adalah penyampaian DPT kepada PPS untuk diumumkan kepada masyarakat. Pengumuman ini sendiri akan berlangsung mulai tanggal 28 Oktober s.d 6 Desember 2020. Untuk masyarakat yang belum terdaftar namun memenuhi syarat sebagai pemilih berdasarkan ketentuan PKPU yang mengatur pendataan pemilih menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara dengan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di TPS yang sesuai dengan alamat pemilih yang bersangkutan.

 

 

 

Simpan Sebagai PDF  Simpan Sebagai Dokumen MS Word  Simpan Sebagai HTML  Simpan Sebagai Teks  Cetak Halaman

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.